via 9to5google

Pasti gak ada yang ingin ponselnya bermasalah, tapi kalau seandainya harus mengalami masalah, ya mau gak mau kamu harus siap menghadapi hal tersebut.

Baca juga:

Semenjak wabah COVID-19 menyebar luas, YouTube sepertinya udah jadi aplikasi wajib yang harus ada di smartphone dan gak sedikit user yang mengalami masalah pada aplikasi YouTube miliknya. Memang masalah yang dihadapi oleh user itu berbeda-beda, tapi cara untuk memperbaiki masalah tersebut gak berbeda jauh!

Maka dari itu, buat kamu yang saat ini mengalami masalah dengan aplikasi YouTube, silakan coba beberapa tips yang sudah DroidPoin siapkan berikut ini:

1. Restart Ponsel

Sebelum kamu mencoba berbagai cara, alangkah lebih baik untukmu untuk merestart perangkatmu. Karena dengan melakukan restart/reboot, semua proses yang sedang berjalan pada ponsel Androidmu akan terhenti. Semuanya akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali kamu menyalakan ponsel, tentunya hal ini bisa menghilangkan beberapa masalah yang ada pada ponsel Android kamu.

2. Cek Koneksi Internet

YouTube merupakan aplikasi yang memerlukan koneksi internet yang stabil dan karena hal tersebutlah pastikan koneksi internet yang kamu gunakan dalam kondisi yang baik (entah itu speed download ataupun upload).

3. Aktifkan Mode Pesawat

Dengan mengaktifkan mode Pesawat, maka kamu akan menonaktifkan semua koneksi yang berhubungan dengan jaringan. Hal ini dipercaya akan memperbaiki masalah terkait jaringan pada ponselmu bersama dengan masalah pemutaran YouTube.

4. Hapus Cache dan Data

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi aplikasi YouTube yang bermasalah yakni dengan menghapus cache dan data. Jika pada akhirnya kamu harus menghapus cache, itu tidak berarti data aplikasi YouTube atau aplikasi lain ikut terhapus, itu hanya akan mengatur ulang pengaturan aplikasi YouTube ke awal.

Namun jika kamu menghapus data, selain akan membuat aplikasi YouTube kembali ke pengaturan awal, kamu juga akan kehilangan data dalam aplikasi tersebut.

5. Reset App Preferences

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, silakan coba reset app preferences. Opsi ini tak akan menghapus data atau file pribadi apa pun dari ponsel Androidmu. Opsi ini hanya akan mengatur ulang pengaturan seperti izin aplikasi, batasan, dll., ke nilai defaultnya.

Buat yang gak tau gimana cara melakukannya, cukup buka Settings > System > Reset options. Selanjutnya tinggal pilih reset app preferences dan ikuti saja langkah-langkah selanjutnya.

6. Update Aplikasi

Sudahkah kamu melakukan update aplikasi YouTube? Mungkin masalah timbul karena kamu jarang atau bahkan tak pernah melakukan update aplikasi tersebut. Jadi, kalau kamu merasa belum pernah melakukan  update, silakan cek pembaruan di Play Store sekarang juga.

7. Reinstal Aplikasi

Oke, cara terakhir dan cara pamungkas yang dipercaya paling ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan adalah dengan melakukan instal ulang aplikasi YouTube.

Kalau kamu orang yang gak kepingin ribet nglakuin ini dan itu, terlebih lagi kamu memiliki internet tak terbatas serta kencang. Mending ambil opsi ini aja deh sedari awal. Hehehe 😁

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.