Kabar terbaru datang dari sosial media Twitter yang mengabarkan bahwa mereka akan menghapus eksklusifitas dan ikon “centang biru” kepada akun yang sudah lama nonaktif. Hal ini dikarenakan, karena Twitter sedang merencanakan perubahan terhadap proses verifikasi mereka.

Baca Juga:

Seperti yang dilansir dari twitter resmi dari layanan Twitter di Twitter Support, beberapa akun akan kehilangan ikon verifikasinya. Jika ada salah satu diantara kamu mempunyai akun Twitter terverifikasi, maka kamu harus memastikan untuk mengaktifkan lagi akun tersebut, dan tentunya kamu harus memverifikasi ulang.

Sebenarnya, berita seputar verifikasi akun ini bermula pada bulan November 2020 kemarin, dan Twitter menampung semua feedback terkait dengan kebijakan baru yang akan diterapkan Twitter. Tapi ternyata setelah sekitar dua bulan Twitter tidak menerima sejumlah feedback dalam bentuk apapun. Mungkin inilah mengapa Twitter mulai tegas untuk menghapus segala bentuk verifikasi akun pada akun yang tidak aktif.

Kini, Sangat Sulit Untuk Mengajukan Sebuah Verifikasi Akun

Jika dahulu, Verifikasi akun di platform Twitter sangat mudah untuk di dapatkan, hanya dengan bermodalkan banyak pengikut online dan bukan seseorang yang mencoba menyamar, maka bisa dipastikan akan mendapatkan verifikasi akun tersebut.

Tapi sekarang aturan main pun sangat berbeda. Ada 6 kategori yang bisa mengklaim verifikasi akun tersebut antara lain:

  • Pemerintahan.
  • Perusahaan, merk dan organisasi.
  • Kantor Berita, dan Jurnalis.
  • Entertainment (Artis, Selebriti, dll).
  • Sports dan Gaming.
  • Aktivis, organizers, dan individu yang berkerja secara influential.

Hingga sekarang, sudah banyak tokoh-tokoh yang kehilangan verifikasi akun mereka, contoh terbarunya seperti bintang K-pop B.I dan Bobby dari BoyBand populer Korea Selatan iKON. Selanjutnya, ada beberapa akun yang mengklaim tidak mendapatkan e-mail peringatan dari Twitter tentang pembaruan ini.

https://twitter.com/iamsteph/status/1353216531526606850

Apakah Perubahan ini Menjadikan Twitter Semakin Baik?

Jelas dengan membuat verifikasi ulang seperti ini, membutuhkan proses yang rumit dan berbelit, belum lagi efek dari verifikasi ini seperti pedang bermata dua. Tetapi bisa dibilang, memiliki langkah-langkah yang ketat seperti ini akan mempersulit akun palsu untuk diverifikasi secara tidak sengaja, tetapi tentu saja hal yang sama dapat terjadi untuk akun-akun dengan real profile.

Lalu, bagaimana menurut kamu tentan kebijakan terbaru dari Twitter ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terimakasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.