via Samsung

Selain punya performa yang luar biasa, Samsung juga menjanjikan Galaxy S21 dengan kamera yang ciamik, jadi kamu gak perlu khawatir lagi untuk hasilnya. Namun, kalau kamera ponsel tersebut cuma dipake untuk “jeprat-jepret” doang (apalagi kalau ngasal) rasanya itu kurang afdol deh, karena masih ada banyak cara untuk memaksimalkan potensi dari kamera Samsung Galaxy S21.

So, bagi kamu pengguna Samsung Galaxy S21,  berikut ini adalah tips fotografi dari DroidPoin yang wajib pengguna Galaxy S21 ketahui:

1. Ambil resolusi super besar? Bisa diatur, up to 108MP!

Kamu butuh gambar dengan resolusi super besar (mis. buat baliho, banner, spanduk atau sejenisnya)? Atau kamu ingin foto yang kamu ambil gak pecah ketika di zoom? Samsung Galaxy S21 bisa mengatasi masalah tersebut berkat lensa utama beresolusi 108MP!

Untuk mengaktifkan opsi ini gampang kok, kamu cukup ubah rasio ukuran foto yang ingin kamu ambil menjadi 3:4 108MP. Untuk lebih jelas, kamu bisa baca artikel berikut.

via Guiding Tech

Tapi ingat, jangat menggunakan opsi ini terus menerus. Pasalnya, jika kamu terus menrus mengambil gambar dengan resolusi 108MP, maka jangan heran jika dalam sekejap bakal muncul notifikasi yang memberi tahu kamu kalau penyimpanan sudah menipis.

2. Si hemat dengan opsi HEIF (High-Efficiency Image File)

Kalau kamu adalah orang yang hemat, mungkin opsi HEIF atau High-Efficiency Image File bakalan cocok banget buat kamu!

via Guiding Tech

Apabila kamu mengambil gambar dengan format ini, maka gambar yang kamu ambil akan dikompres dengan ukuran yang amat kecil, bahkan jauh lebih kecil daripada foto dengan format JPG konvensional. Walaupun ukuran file yang dihasilkan terbilang kecil, Samsung yakin bahwa gambar yang diambil akan tetap berada dalam kondisi baik tanpa mengurangi kejelasan dan juga detailnya.

Untuk lebih detail mengenai opsi HEIF atau High-Efficiency Image File, kamu bisa baca artikel berikut ini.

3. Video lebih dinamis dengan HDR10+

Siapa sih yang gak ingin video yang diambil hasilnya bagus dan jernih? Pasti semuanya ingin, apalagi di Galaxy S21 ada opsi video dengan HDR10+.

Nah, untuk kamu yang belum tahu HDR10+, ini adalah sebuah mode atau dukungan yang memungkinkan kamera untuk menangkap warna yang jauh lebih hidup, sehingga membuat video yang kamu ambil terlihat lebih dinamis.

via Guiding Tech

Kalau kamu gak tau gimana cara mengambil video dengan dukungan HDR10+. Silakan ikuti saja artikel yang sudah DroidPoin siapkan berikut ini.

4. Objek sering bergerak? Bukan masalah

Salah satu kelemahan kamera ponsel ada pada titik fokus yang kurang mantep dan juga belum tersedianya fitur semacam eye-tracking. Namun, Galaxy S21 ini berbeda karena sudah memiliki opsi auto-focus tracking.

Jadi, gamabar yang bergerak sekalipun hasilnya bakal tetap jernih tanpa blur. Cocok banget untuk merekam atau mengambil foto di pekan olahraga atau objek yang selalu bergerak.

via Guiding Tech

Cara untuk mengaktifkan opsi ini pun gampang, cukup aktifkan opsi Tracking Auto-focus di settingan kamera aja! Kalau masih bingung, cek aja artikel berikut.

5. Lebih suka warna yang hangat atau natural?

via Guiding Tech

Samsung seringkali dikomplain bahwa warna yang mereka hasilkan itu terlalu hangat (warm) dan mungkin karena hal tersebutlah Samsung mulai berbenah dan menyediakan opsi “Selfie color tone“.

Dengan demikian, kamu bisa atur deh ingin temperatur (warna kulit) yang seperti apa? Apakah tetap natural atau hasilnya menjadi hangat.

6. Merekam dua arah (kamera utama dan selfie) secara bersamaan? Bukan hal yang mustahil

Ingin tetap melakukan vloging sambil memperlihatkan indahnya pemandangan alam yang di depan matamu? Dengan Samsung Galaxy S21, kamu bisa mewujudkan hal tersebut!

via Guiding Tech

Cukup aktifkan saja Director View yang ada di aplikasi kamera bawaan dan viola, kini kamu bisa mengambil video dua arah secara bersamaan dan yang lebih menakjubkannya lagi adalah semua kamera utama bakal aktif dan menampilkan hasilnya bersamaan! Mantep banget bukan?

7. Panorama mode vertikal? Bisa kok!

Bukan hal yang baru jika mode panorama bisa diambil secara vertikal, tapi jangan samakan pengambilan mode panorama vertikal di ponsel lain dengan di Galaxy S21 yah, karena ini beda banget!

via Guiding Tech

Dengan dukungan AI yang begitu canggih, kamu gak usah mengubah posisi kamera dari yang sebelumnya portrait ke posisi landscape. Cukup arahkan saja kamera tersebut ke atas dan kamu bisa mulai mengambil mode panorama secara vertikal di Galaxy S21.

Nah, itulah gaes beberapa tips fotografi yang wajib pengguna Galaxy S21 ketahui. Semoga bermanfaat 😁

  HP BATERAI BESAR SAMSUNG CUMAN 1 JUTAAN! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.