Fotografi memang menjadi sebuah hobi yang sangat menarik, bahkan banyak orang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli berbagai gear-gear fotografi seperti, lensa, shutter, lighting, dan masih banyak lagi. Nah, bagi kamu yang ingin mempelajari fotografi mulai dari awal, kamu bisa kok belajar basic terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk all-out dalam fotografi. Aku sudah membuat beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu belajar teknik-teknik fotografi dengan mudah, oke langsung ke daftarnya ya.

Baca Juga:

1. Coursera

Coursera memang bukan aplikasi yang dikhususkan untuk fotografi, tetapi kamu tetap bisa mendapatkan informasi yang berkaitan dengan fotografi dengan lengkap. Pada Coursera ini, kamu akan mendapatkan pelajaran basic hingga ke tingkat advanced, selain itu akan ada beberapa tips dan trik yang bisa membuat skill fotografi kamu menjadi lebih maksimal. Pelajaran tentang fotografi ini dirancang untuk para mahasiswa, universitas, bahkan untuk profesional. Pelajaran dan materi-materi dikemas dengan berbagai macam, mulai dari PDF, audio, hingga video, jadi kamu bisa mempelajari nya dengan mudah. Untuk ujian, akan ada test secara reguler, project, dan sebuah sertifikat. Selain itu, kamu juga bisa bertanya-tanya secara langsung ke komunitas yang ada di dalamnya, bagaimana?, seru bukan?. Download Coursera.

2. SkillShare

SkillShare ini merupakan aplikasi yang memang dikhususkan untuk mengasah creative skill termasuk fotografi. Selain itu, ada banyak hal yang bisa dipelajari, mulai dari animasi, desain grafis, dan lain-lainnya. Untuk fotografi sendiri memang menjadi kategori yang paling populer diantara banyak kategori tersebut. Kamu bisa mempelajari berbagai macam fotografi, mulai dari portrait fotografi, hingg smartphone fotografi. Yang unik dari aplikasi SkillShare ini adalah menawarkan subjek pembelajaran menggunakan short video, jadi kamu bisa mempelajari berbagai materi dengan lebih efisien. Masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu ambil dengan menginstall aplikasi SkillShare ini. Download SkillShare.

3. Linkedln Learning

Aplikasi yang masih bernaung di bawah Linkedln ini bisa juga loh kamu pakai untuk mempelajari fotografi. Bahkan kebanyakan orang-orang yang menjadi tutor di dalam aplikasi ini kebanyakan adalah profesional, dan pastinya akan ada berbagai tips dan trik yang bisa kamu pakai ketika sudah terjun ke dunia fotografi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendownload video pembelajaran lewat smartphone loh, meskipun pelajaran kebanyakan menggunakan sistem online. Ada sekitar 4 course yang bisa dipelajari yaitu, companies, agencies, profesional, dan institusi. Course tersebut mempunyai pelajaran yang pastinya berbeda, dan untuk modul akan ada video, audio, hingga dokumen PDF. Download Linkedln Learning.

4. Elements Photography

Element of Photography merupakan aplikasi yang memang dikhususkan untuk belajar ilmu fotografi. Aplikasi ini cocok banget untuk para pemula hingga ke level para expert. Ketika memulai sebuah pembelajaran, maka akan ada ilustrasi dan panduan yang membantu pelatihan secara real time. Dan juga, aplikasi ini memiliki fitur dua chapter mulai dari basic hingga ke chapter yang lainnya yang lebih memfokuskan ke mode kamera, flash fotografi, hingga videografi. Selain itu, akan ada sebuah lesson ataupun kuis untuk naik ke tahap selanjutnya. Yang paling penting dari fitur yang ada di aplikasi Element Photography ini mempunyai DoF calculator dan Exposure Value Chart, sehingga kamu bisa mengulik habis-habisan sebuah kamera. Download Elements Photography.

5. Photography Tutorial

Terakhir, ada aplikasi yang mungkin paling populer untuk tips-tips seputar fotografi yaitu Photography Tutorial. Aplikasi ini juga menampilkan tutorial yang mencakup topik-topik yang relevan dengan setiap tingkatan pengalaman, dari pemula hingga ke level profesional. Kamu juga bisa mencari konten dengan subjek apa saja dalam fotografi, tidak hanya itu di dalam aplikasi ini juga akan ada berbagai tutorial yang bisa kamu praktekkan sendiri. Untuk subjek kategori sendiri kamu akan menemukan konsep fotografi, kamera, dan fungsi dari equipment yang bisa kulik sendiri. Jika memang kamu suka dengan aplikasi fotografi yang tidak menyertai test atau sertifikasi, mungkin aplikasi Photography Tutorial ini sangat cocok untuk kamu install di smartphone kamu. Download Photography Tutorial.

Oke itu tadi beberapa aplikasi fotografi android yang bisa kamu install di smartphone kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada sarang tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

  Review Laptop Terbaik 2021 dari Huawei...! 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.