Ya, transfer file merupakan hal-hal umum yang seringkali kita lakukan dan terkadang kita membutuhkannya. Terkadang hal-hal yang ditransfer pun cukup beragam mulai dari lagu, foto, dokumen, presentasi, dan masih banyak lagi file-file yang lain. Kali ini, aku akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi Android terbaik yang berkaitan dengan sebuah transfer file untuk saat ini. Oke kita langsung ke daftarnya ya.

Baca Juga:

1. AirDroid

AirDroid merupakan salah satu aplikasi file transfer paling populer dan terbaik untuk saat ini. Fitur-fitur di dalam AirDroid ini termasuk mengirimkan dan menerima sebuah SMS ataupun MMS dari PC kamu, melihat sebuah notifikasi perangkat smartphone, menemukan smartphone yang hilang, mengontrol kamera, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, cuma untuk versi gratis ini kamu hanya mendapatkan fitur basic saja, dan untuk dapat menikmati full fiturnya kamu harus berlangganan secara bulanan atau tahunan. Tetapi melihat kemampuan dan fitur-fitur yang ada di dalamnya, jelas sangat setimpal dengan apa yang kamu dapatkan di dalam aplikasi ini, apalagi jika kamu sering menghabiskan membuat data di smartphone yang membutuhkan kecepatan transfer file yang memadai. Download AirDroid.

2. Cloud Storage

Satu lagi metode yang cukup bagus untuk mengakali file transfer dari smartphone kamu ke PC yaitu menggunakan cloud storage. Banyak banget layanan cloud storage yang bisa kamu gunakan, mulai dari Dropbox, Google Drive, OneDrive, dan lain-lain. Cara transfer file pun sangatlah mudah, kamu tinggal upload file ke cloud storage pilihan kamu, lalu kamu tinggal download di perangkat yang lainnya. Kebanyakan, layanan cloud storage mempunyai sebuah aplikasi paten yang membuat proses upload dan download tersebut menjadi lebih mudah, jadi jika memang kamu gak mau ruwet menginstall aplikasi transfer dan memilih cloud storage juga bisa kok. Download Google Drive.

3. Feem v4

Feem v4 merupakan aplikasi transfer file yang paling simpel diantara daftar-daftar yang aku buat ini. Dengan aplikasi Feem v4 ini kamu bisa mentransfer file apa saja selama kamu terkoneksi dengan satu jaringan WiFi, hal ini mencakup smartphone, tablets, komputer, laptop, dan lainnya. Cara memakainya pun sangat sederhana, kamu tinggal menginstal aplikasi ini Feem v4 ini, dan membuka aplikasinya, dan kamu tinggal pilih file mana yang mau kamu transfer tersebut. Untuk WiFi sendiri tidak perlu terkoneksi dengan internet kok, local network pun bisa digunakan untuk mentransfer file tersebut. Jika memang kamu suka dengan aplikasi transfer file yang simpel, efektif, murah dan UI yang bagus, Feem v4 ini adalah jawaban terbaik untuk kamu. Download Feem v4.

4. Resilio Sync

Memang Resilio Sync (sebelumnya BitTorrent Sync) bukanlah aplikasi yang populer jika dibandingkan AirDroid maupun Feem v4, tetapi tidak salah juga jika aplikasi ini adalah salah satu aplikasi transfer file yang cukup menjanjikan. Cara kerjanya pun sangat mirip dengan cloud storage, cuma kelebihannya adalah kamu bisa membuat cloud storage sendiri di desktop maupun laptop kamu. Kamu bisa sinkronisasi data tersebut sesuai yang kamu inginkan, dan tentu saja jika cloud storage dari komputer kamu sendiri, keamanan data akan lebih terjamin jika dibandingkan layanan cloud storage lainnya. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, tetapi ada beberapa pembatasan ketika kamu memakai aplikasi versi gratisnya. Untuk mengupgradenya ke versi premium memang cukup menguras kocek, jadi pikirkan terlebih dahulu yang apakah kamu memang sangat membutuhkan sebuah cloud storage sendiri. Download Resilio Sync.

5. Xender

Terakhir ada Xender yang juga merupakan salah satu aplikasi transfer file android yang populer belakangan ini. Cara kerjanya pun mirip-mirip dengan Feem v4 dengan cara mengkoneksikan dengan WiFi, aplikasi ini bekerja di Android smarphones, tablet, iOS, Mac, PC, laptop bahkan Tizen. Selain itu, aplikasi ini mempunyai beberapa fitur unggulan contohnya seperti convert video ke audio yang bisa kamu gunakan untuk mendownload video di Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Download Xender.

Oke itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi transfer file Android terbaik yang bisa kamu install di smartphone kamu, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.