Satu lagi kabar datang dari jejaring sosial yaitu Facebook yang dilaporkan akan merilis smartwatch mereka sendiri di tahun 2022. Bahkan di dalam laporan tersebut, smartwatch dirancang bekerja secara independen tanpa terhubung ke dalam smartphone. Tidak hanya itu saja, smartwatch ini akan berbasis Android dan lebih berfokus pada pelacakan fitness dan data kesehatan.

Baca Juga:

Masih belum ada penjelasan lengkap seperti detail-detail teknikal terkait smartwatch tersebut, dan belum terkonfirmasi apakah basis Android tersebut akan menggunakan WearOS atau tidak. Selain itu, sangat besar kemungkinan smartwatch ini akan terintegrasi tidak hanya dengan Facebook saja, tetapi dengan Instagram dan WhatsApp.

Memang dalam laporan tersebut, Android menjadi basis utama pembuatan smartwatch ini, kita masih belum tahu apakah Facebook akan memilih WearOS. Masih terbuka kemungkinan mereka akan mengandalkan OS buatan mereka sendiri daripada Android untuk model-model yang lebih baru. Tetapi masih belum ada fakta yang beredar dan ini masih murni spekulasi atau opini.

Facebook Menginginkan Data Kesehatan Para Usernya?

Ini benar-benar sebuah opini yang sangat liar, dimana setelah kejadian sharing data WhatsApp dan Facebook, semua tindak-tanduk Facebook pun menuai banyak kecurigaan. Terbaru ada dugaan nantinya smartwatch ini akan dijual dengan sangat murah, dan Facebook tidak akan mencari untung yang banyak pada penjualan perangkat smartwatch ini. Mengingat ketergantungan Facebook pada pendapatan iklan, maka masuk akal jika kita menarik kesimpulan seperti ini, dimana Facebook dapat mengamankan pendapatan tersebut karena memperoleh banyak data dari hal tersebut.

Satu lagi asumsi yang masuk akal, kemampuan smartwatch sekarang sangat mampu untuk melacak posisi, dan proses data kesehatan kita seperti langkah kaki, detak jantung, bahkan level stress kita, dan juga kualitas tidur kita. Ini adalah data-data esensial dan penting untuk dikumpulkan, dan tentu saja hal ini adalah hal yang sangat menarik untuk terus dimanfaatkan.

Ya, bisa dibilang Facebook tetaplah menjadi Facebook dengan sejarah panjang penyimpangan tentang privasi tentu ini hal yang cukup berbahaya. Ditambah lagi dengan harga yang murah tersebut, maka banyak orang akan berbondong-bondong untuk membeli smartwatch karena teknologi smartwatch memang sedang booming saat ini, dan tentu saja hal ini akan membuat Facebook menjadi merajalela.

Tertarik Mencoba Smartwatch dari Facebook?

Pertanyaan besarnya adalah, apakah kita semua tertarik untuk mencoba smartwatch yang mungkin akan dirilis Facebook tahun depan?. Coba sharing pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya. Terimakasih!.

Sumber

  Technow #51: Android 12, iPad Mini Pro, Nintendo Switch 2, Galaxy Watch Pake Wear OS..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.