Google meresmikan Android 11 pada tanggal 8 September tahun lalu dan perangkat milik Google yakni Pixel (mulai dari generasi kedua sampai yang paling baru) jadi yang pertama menerima pembaruan tersebut. Tapi, apakah diantara kamu ada yang masih penasaran, kira-kira brand mana yang paling cepat menggulirkan update Android 11 untuk perangkatnya?

Nah, kalau kamu penasaran, berikut ini adalah hasil penelusuran DroidPoin terkait brand atau OEM mana yang paling cepat menggulirkan update Android 11!

1. OnePlus

OnePlus 8T via GSMArena

OEM atau brand pertama yang menggulirkan update Android 11 ke perangkatnya adalah OnePlus. Mereka cuma butuh waktu 32 hari (pasca Android 11 digulirkan ke perangkat Pixel) sebelum akhirnya update tersebut dapat tersedia juga di OnePlus 8. Ini bukanlah suatu hal yang mengejutkan, pasalnya perangkat OnePlus sangat minim kustomisasi, jadi sangatlah pantas kalau OnePlus jadi yang terdepan tahun ini.

2. Oppo

Oppo biasanya terkenal cukup lamban dalam mengadopsi versi Android terbaru, namun harus diakui bahwa selama beberapa tahun ke belakang mereka bekerja dengan amat baik. Hal ini terbukti ketika perilisan Android 11, dimana mereka meraih tempat kedua dan hanya butuh waktu kurang dari 2 bulan (56 hari) agar update tersebut tersedia di perangkat Oppo Find X2 series.

3. Xiaomi

via Pocket-lint

Tidak ada yang menyangka kalau Xiaomi bakal jadi salah satu OEM yang menggulirkan update Android 11 paling cepat. Yups, mereka cuma butuh waktu sekitar 62 hari aja agar perangkat Mi 10 series bisa menerima update tersebut dan bukan cuma lini Xiaomi saja, sub-brand ponsel mereka yakni Redmi dan POCO pun sudah mulai menerima update tersebut di awal tahun 2021.

4. Realme

via Digital Trends

Kalau kamu kira urusan update cuma dikuasai oleh pemain lama, maka kamu salah besar gaes! Pasalnya realme membuktikan bahwa anak baru pun bisa menggulirkan update yang cepat dan tetap menebar ancaman bagi para pemain lama di ranah smartphone. Berdasarkan informasi yang DroidPoin terima, realme butuh waktu kurang dari 3 bulan (87 hari) agar update tersebut bisa tersedia di perangkat realme X50 Pro.

5. Samsung

via Android Authority

Perlahan tapi pasti, pokoknya ini tipikal Samsung. Mereka gak mau terburu-buru dalam merilis update versi Android baru. Namun, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, update Android 11 untuk perangkat Samsung mendapatkan sedikit perbaikan serta peningkatan. Biasanya Samsung baru menggulirkan update versi Android terbaru itu setelah pergantian tahun, namun kali ini mereka bisa menggulirkan update sebelum pergantian tahun gaes!

6. Sony

via WCCFTECH

Sony terkenal dalam perilisan update yang super cepat, tapi ditahun ini Sony agak sedikit melunak. Mungkin karena mereka mendengar masukan dari user, yang seringkali mengeluhkan update cepat yang diberikan Sony selalu berisikan banyak bug. Update yang Sony berikan ke perangkat Xperia 1 II cuma selisih dua hari setelah Samsung menggulirkan update besar ke Galaxy Note 20.

7. Asus

Via Pocket-lint

Tepat sebelum pergantian tahun, Asus memberikan hadiah ke pengguna ZenFone 6 yakni berupa update yang di dalamnya terdapat pembaruan Android 11. Untuk tahun ini, performa Asus tidak sebaik tahun-tahun sebelumnya — kemungkinan karena terlalu fokus dalam pengemabangan ROG phone generasi selanjutnya.

8. LG

via LG

LG biasanya selalu berada dalam urusan paling buncit dalam masalah pembaruan, tapi entah kenapa tahun ini ada peningkatan yang terbilang lumayan. Biasanya sih, LG butuh waktu sekitar setengah tahun untuk mempersiapkan update ini, namun di Android 11 LG cuma perlu waktu kurang dari 5 bulan.

9. Motorola

via Android Central

Sama halnya seperti Sony, Motorola biasanya cukup cekatan terkait masalah update. Tapi entah kenapa di Android 11 ini mereka mengalami keterlambatan dan perangkat pertama yang menerima update tersebut adalah Motorola Moto G Pro pada akhir bulan Januari lalu atau update baru digulirkan sekitar 5 bulan kurang sedikit setelah Google menggulirkan update tersebut ke perangkat Pixel.

10. HMD Global (Nokia)

via HMD/Nokia

Urutan paling buncit dalam perilisan update Android 11 diduduki oleh Nokia. Sebagai tambahan informasi untukmu, ketika Android 10 dirilis, Nokia cuma butuh waktu sekitar sebulan aja agar update tersebut tersedia di perangkatnya. Namun kali ini, Nokia butuh waktu yang lumayan banyak yakni sekitar 5 bulan, karena update ini baru tersedia di Nokia 8.3 pada awal bulan Februari kemarin.

Jadi gimana, apakah perangkatmu sudah mendapatkan update tersebut atau masih menunggu?

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.