Kabar terbaru datang dari Instagram yang mengeluarkan sebuah fitur terbaru yang memungkinkan untuk melakukan live bersamaan dengan hingga 4 orang. Ini adalah sebuah upgrade yang sangat signifikan karena kita tahu bahwa sekarang Instagram hanya bisa melakukan live 2 orang saja.

Baca Juga:

Akan Membuka Banyak Opsi Untuk Pengembangan Siaran Langsung

Seperti yang dilansir dari blog Instagram, Instagram berharap bahwa perilisan fitur Live Rooms ini akan membawa konten siaran langsung menjadi lebih banyak opsi dan tidak hanya sekedar live berdua saja, dan sisi yang ingin dikembangkan adalah podcast, jam sessions, talk shows, dan masih banyak lagi.

Masih menurut Instagram di dalam postingan tersebut, Live Rooms ini akan tersedia di seluruh dunia dan tidak akan terbagi-bagi region seperti halnya fitur Reels. Seperti yang kita tahu, fitur live stream menjadi sebuah daya tarik tersendiri apalagi setelah adanya pandemi COVID-19 yang sepertinya belum menunjukkan tanda-tanda berakhir.

Maka dari Instagram mencoba mengambil keuntungan perihal siaran langsung ini. Instagram juga telah mengenalkan beberapa fitur yang mungkin akan diresmikan untuk kedepannya seperti fitur shopping live, QVC-esque channel shopping, dan juga menjual sebuah badge untuk para penonton.

Dengan adanya Instagram Live Rooms ini, tidak akan ada perubahan dalam pemakaian Instagram. Para viewer akan bisa melihat dan membeli badge tersebut jika mereka tertarik, dan pastinya akan ada banyak privilege bagi pembeli badge tersebut. Untuk fitur belanja pun kamu bisa membeli barang tersebut langsung melalui live stream tanpa sekalipun keluar dari live stream tersebut.

Untuk memperkuat fitur-fitur tersebut, Instagram sedang melakukan penerapan kontrol moderator dan juga fitur audio yang sangat mungkin akan diresmikan di beberapa bulan mendatang.

Bagaimana Cara Menggunakan Live Room?

Cara menggunakan Live Room sendiri cukup mudah, yang terpenting adalah kamu harus stay update dengan Instagram versi terbaru. Langkah pertama adalah buka Instagram kamu > swipe left layar kamu dan pilih opsi Live di carousel Instagram tersebut > Buat sebuah judul di stream kamu dan pilih ikon Rooms > Terakhir, kamu akan diberikan opsi untuk live dengan orang kamu undang atau dengan orang yang mengundang kamu, sangat simpel bukan?.

Kamu bisa mengundang hingga 3 orang di dalam live stream tersebut. Jika misalnya kamu telah melakukan live dengan dua orang, kamu masih bisa kok mengundang orang tambahan di tengan live stream tersebut. Jika memang ada viewer yang membuat rusuh dengan kata-kata yang tidak pantas, host Live Rooms tersebut bisa melaporkan atau memblok komen dari viewer tersebut dengan menggunakan filter komentar.

Pasar Sosial Media Beralih ke Live Grup?

Memang dengan meledaknya Clubhouse, rasanya experience dari sosial media memang sudah sedikit demi sedikit berubah. Banyak media sosial mulai melirik ranah live group ini, contohnya seperti Twitch yang mengeluarkan Squad Streams, Twitter sedang mengetes Spaces, dan tentu saja Instagram.

Bahkan banyak kabar yang beredar Facebook akan membuat sebuah aplikasi audio chat dengan cara kerja seperti Clubhouse. Apakah mungkin ini menjadi pertanda akhir dari sosial media berbasis short video dan beralih ke audio chat group?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya?, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.