Science atau sains dalam bahasa Indonesia memang lekat dalam kehidupan kita. Tetapi kebanyakan orang tidak tahu banyak seputar sains tersebut. Padahal peristiwa menguapnya air atau mungkin peristiwa panas matahari merupakan salah satu hal umum di dalam sains. Nah, bagi kamu yang memang suka dengan sains atau penasaran dengan sains tersebut, kamu bisa kok menginstall beberapa aplikasi sains android yang aku rekomendasikan ini. Oke kita langsung ke daftarnya ya.

Baca Juga:

1. HiPER Scientific Calculator

Nah, pada list pertama ada sebuah aplikasi scientific kalkulator yang mungkin bisa membantu kamu dalam menghitung rumus-rumus matematika atau fisika yang menyulitkan. Kalkulator ini mendukung hingga 100 digit significand dan 9 digit eksponen. Sebagai tambahan, aplikasi kalkulator ini mempunyai beberapa fitur yang cukup rumit bagi para pengguna kalkulator biasa. Aplikasi ini juga mampu menampilkan grafis secara 3D, mengkonversi nilai unit yang berbeda, dan tentunya menyimpan histori sehingga kamu tidak perlu menghitung sebuah perhitungan yang sama secara terus menerus. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan untuk versi premiumnya hanya akan menghilangkan iklan di dalamnya. Download HiPER Scientific Calculator.

2. Inoreader

Inoreader merupakan aplikasi RSS reader yang memang cukup populer dikalangan para penggemar science. Kamu bisa me-follow beberapa blog scientist dan mendapatkan berita terbaru tentang scientist tersebut. Kamu juga bisa memisahkan feed kamu ke dalam berbagai kategori, selain itu ada beberapa fitur menarik yang menarik untuk kamu gunakan. Jelas dengan adanya informasi terbaru terkait dengan sains merupakan hal yang keren, dan pastinya dengan Inoreader ini dapat membantu kamu mendapatkan informasi terbaru tersebut. Download Inoreader.

3. Khan Academy

Beberapa aplikasi sains memang berfokus atau membahas topik secara lebih spesifik. Nah, Khan Academy ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk kamu. Dengan konsep online learning kamu bisa mencari semua hal mulai dari matematika, fisika, biologi, ekonomi, dan lain-lain. Akan ada sekitar lebih dari 10.000 video yang bisa kamu tonton untuk mempelajari science. Memang ini bukanlah aplikasi science secara spesifik, tetapi jika memang kamu ingin mempelajari basic-basic dari sains serta teori-teorinya, aplikasi ini adalah aplikasi yang aku rekomendasikan banget untuk kamu install di smartphone kamu. Download Khan Academy.

4. NASA

Tentu saja NASA adalah aplikasi terbaik jika kita membicarakan sebuah sains di Android. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengkoneksikan smartphone kamu dengan NASA sehingga kamu bisa mengakses berbagai hal. Kamu bisa mengakses sekitar lebih dari 14.000 video yang berisi montage yang didokumentasikan NASA, informasi seputar misi yang telah dilakukan, akses ke NASA TV, map 2D dan 3D dengan model yang menyerupai planetarium di solar system kita dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mengambil 16.000 gambar dan memakainya menjadi wallpaper smartphone kamu loh, dan kamu bisa mendapatkan semua itu gratis tanpa dipungun biaya apapun, wow sangat menarik bukan?. Download NASA.

5. Podcast Addict

Acara podcast memang menjadi sebuah trend untuk sekarang ini. Jika memang kam mencari sebuah channel podcast yang memang sciece oriented, Podcast Addict ini bisa menjadi sebuah jawaban. Akan ada banyak banget channel yang membahas tentang sains mulai dari sains lama bahkan sains yang baru. Podcast Addict ini sebenarnya cukup basic untuk sebuah aplikasi, tetapi UI nya sangat fungsional. Kamu bisa mendownlad sebuah episode, lalu kamu masukkan ke playlist, atau kamu bisa mengatur langganan channel kamu supaya setiap ada notikasi akan langsung tersedia di beranda kamu. Aplikasi juga support ke RSS feed, dan channel YouTube loh, dan ditambah lagi aplikasi ini gratis. Mungkin kekurangannya adalah kebanyakan channel memakai bahasa Inggris dan mungkin agak kesulitan jika kita mempelajari hal tersebut. Download Podcast Addict.

6. Science Journal

Science Journal merupakan aplikasi terbaik untuk science. Aplikasi ini mampu merekam semua progress yang telah kamu lakukan ketika menguji coba sebuah science. Memang aplikasi ini tidak cukup dalam ketika kamu meneliti secara harian, tapi yang pasti aplikasi ini sangat bagus untuk para pelajar, anak-anak, atau para mahasiswa. Kamu tinggal merecord berbagai eksperimen yang kamu lakukan, entah itu progresnya, observasi, dan mengumpulkan data dengan aplikasi ini. Aplikasi ini juga bisa menggunakan sensor yang ada di smartphone kamu untuk merekam data tersebut. Aplikasi sepenuhnya gratis, dan tidak ada in-app purchases di dalamnya. Download Science Journal.

Oke itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi science android terbaik, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ini ya, terima kasih!.

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.