Sebuah kabar baik baik kamu pengguna Android, beredar kabar bahwa fitur Audio Chatroom milik Twitter yaitu Spaces, akan bisa digunakan di platform tersebut. Jadi bisa dibilang fitur ini bukan hanya ekslusifitas milik user iPhone saja seperti seperti fitur voice tweet tetapi Android pun bisa memakainya juga.

Baca Juga:

Bisa Digunakan di Platform Android, Tetapi Versi Limited

https://twitter.com/TwitterSpaces/status/1366767412117458946

Sebenarnya fitur Spaces ini telah diperkenalkan pada bulan Desember tahun lalu, dan limited versionnya pun sudah keluar dan bisa dinikmati di platform iOS di bulan Januari lalu. Tetapi dalam jangka waktu ke depan, pengguna Android pun bisa mencicipi fitur Spaces ini tetapi dengan versi yang masih limited juga.

Seperti yang dikutip dari cuitan akun Twitter Spaces, mereka mengumumkan sebuah berita bahwa pengguna Android dapat bergabung ke Spaces. Tetapi berbeda dengan user iOS, user Android tidak bisa membuat sebuah room hosts mereka sendiri. Untuk versi Spaces beta sendiri Twitter mengatakan bahwa hanya pembuatan grup-grup tersebut masih bersifat terbatas karena bertujuan untuk mengetes semata.

Ini berarti para nantinya user Android hanya bisa mendengarkan dan berbicara di room Spaces tersebut hingga sekarang. Twitter sendiri masih belum memberikan klarifikasi secara lengkap dan solid sampai kapan mereka bisa membuat sebuah Spaces sendiri.

Sebenarnya Twitter bisa dibilang pioneer dalam dunia per-voice-an ini. Sebelumnya mereka adalah sosial media pertama dalam membuat fitur voice tweet, tetapi seperti yang dibahas sebelumnya fitur ini hanya bisa digunakan oleh para user iOS saja makanya kurang begitu meledak dan dikenal secara luas.

Dengan adanya Spaces ini, jelas akan membawa pengalaman yang lebih baru meskipun mempunyai base konsep yang sama yaitu voice. Akan tetapi dengan meledaknya Clubhouse terlebih dahulu tidak bisa disangkal jika mereka terlambat untuk mengenalkan fitur audio chatroom ini.

Persaingan Antar Sosial Media Menjadi Sengit, atau Boring?

Ya, bisa dibilang persaingan sosial media ini akan menjadi hal yang sangat sengit. Setelah Clubhouse mencuri perhatian dari awal perilisan, Twitter, Facebook, Instagram, Snapchat, Twitch, mulai meramaikan persaingan pengembangan fitur audio chatroom ini.

Cuma yang menjadikan permasalahan adalah, persaingan antar sosial media ini menjadi sangat membosankan karena perkembangannya hanya seputar itu-itu saja. Setelah boomingnya short-video platform, mereka secara signifikan merubah fitur-fiturnya hingga algoritma untuk memboosting platform short-video versi mereka, dan sekarang mereka coba menguasai fitua audio chatroom dengan metode yang mirip.

Tetapi hal ini juga tidak sepenuhnya salah karena melihat pasar yang sangat besar seperti ini akan jelas akan menjadi sebuah pasar yang seksi untuk dikuasai. Sungguh menyenangkan jika persaingan kembali lagi ke awal-awal keluarnya aplikasi sosial media dimana masing-masing sosial media mempunyai trademark mereka sendiri sehingga itu menjadi ciri khas dan daya tarik ketika menggunakan sosial media tersebut dan tidak saling copas dalam fitur-fitur terbaru contohnya seperti audio room dan short video.

Akankah Fitur Audio Chat ini Menjadi Besar Ke-Depannya?

Jelas, ini akan menjadi sebuah pasar yang sangat besar kedepannya. Apalagi banyak influencer-influencer TikTok dan Instagram mencoba aplikasi ini, bisa dipastikan penggunanya pun akan sangat meledak, dan kapan lagi kita mendengarkan suara dan berinteraksi langsung dengan idola kita seperti layaknya bertelepon ria?.

Mungkin tidak salah jika memang 2021 ini pastinya sudah diokupansi oleh fitur Audio Chatroom, seperti halnya tahun 2020 yang ditempati oleh short form video.

Lalu bagaimana pendapat kamu tentang update Twitter ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.