Mungkin banyak diantara kamu jarang banget mengaktifkan riwayat backup percakapan kamu ke cloud backup. Hal ini makin diperkuat dengan tidak adanya enkripsi ketika proses backup tersebut berlangsung, dan tentu saja keamanannya pun sangat dipertanyakan. Akan tetapi WhatsApp sudah merubah kebijakannya dan di update selanjutnya proses backup di cloud tersebut akan dienkripsi.

Baca Juga:

WhatsApp Sedang Mengerjakan Cloud Enkripsi

Ya, Whatsapp memang belum secara resmi mengenalkan fitur baru ini, dan kebijakan ini baru diumukan oleh WhatsApp Beta Tester di akun Twitter mereka. Mereka mengatakan bahwa enkripsi cloud backup ini masih dalam progres.

Pada dasarnya, versi WhatsApp terbaru ini akan memungkinkan kamu untuk menerapkan enkripsi ke semua opsi cloud backups pilihan kamu. Fitur ini akan berfungsi di semua platform seperti iOS dan Android.

Cara Kerja Cloud Enkripsi

Ketika fitur ini dikeluarkan, WhatsApp akan meminta kamu untuk mengatur kata sandi atau password yang bertujuan untuk mengenkripsi cloud backups kamu. Password ini tidak akan dikirim ke WhatsApp, dan juga tidak akan ada cara untuk memulihkannya, jadi kamu harus berhati-hati ketika menset fitur cloud enkripsi ini.

WhatsApp akan menggunakan password ini untuk mengenkripsi isi dari cloud kamu. Setelah hal tersebut selesai, jika ada seseorang yang berhasil meretas akun kamu, maka dia tidak akan dapat melihat berbagai percakapan yang disimpan di cloud backups kamu tersebut.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Cloud Backups Saat ini?

Untuk sekarang ini, kamu bisa membackup percakapan WhatsApp kamu ke Google Drive. Nah, backup ini tidak di enkripsi yang berarti data kamu tidaklah aman, dan baru bisa dikatakan aman jika data tersebut di enkripsi. Jika memang kamu tidak suka dengan fitur backup ini, kamu bisa menonaktifkannya di WhatsApp kamu.

Caranya pun cukup mudah diakses, kamu tinggal tap tiga titik di bagian pojok kanan atas, pilih pengaturan atau settings, tap chat, tap chat backup, tap lagi bagian back up to Google Drive dan pilih Never. Jika kamu menonaktifkan fitur tersebut, makan smartphone kamu hanya akan membuat sebuah lokal backup dan tidak akan mengupload backup apapun ke cloud.

Memulihkan Cloud Backups Terenkripsi di WhatsApp

Cara memulihkan enkripsi cloud backup pun sangat mudah kok, kamu tinggal memasukkan password yang kamu gunakan untuk enkripsi password. Sesudah kamu melakukan hal ini, kamu tinggal menunggu proses restore atau pemulihan tersebut.

Jika misalnya kamu lupa password tersebut, makan kamu tidak dapat memulihkan backups tersebut. Ini berarti satu-satunya pilihan yang kamu miliki adalah memulai dari awal lagi dan merelakan backup-an tersebut untuk hilang.

Membuat Keamanan Backup Lebih Aman Dengan Enkripsi

Jadi dengan adanya enkripsi ini, kamu tidak usah khawatir dengan kerahasiaan obrolan kamu saat menguploadnya ke Google Drive. Bisa dibilang semua prose upload tersebut dipastikan aman bahkan dari pihak WhatsApp dan Facebook sendiri, Tentunya fitur ini adalah salah satu fitur terbaik untuk memulihkan kepercayaan user yang mungkin sudah “tersakiti” dan pindah ke platform chat lain.

Oke itu tadi berita seputar WhatsApp, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.