Facebook secara resmi kembali merilis ulang Instagram Lite!. Ya, aplikasi Instagram Lite ini memang dibuat hanya untuk smartphone yang mempunyai kinerja dan storage yang dibawah rata-rata. Jadi dengan menginstall aplikasi ini, kamu bisa menghemat storage dan data daripada versi Instagram original.

Baca Juga:

Sebenarnya, Instagram telah mengenalkan Instagram Lite ini pada tahun 2018, akan tetapi secara diam-diam Facebook menghilangkan Instagram Lite ini pada bulan Mei tahun lalu. Juru bicara Facebook sendiri telah mengatakan bahwa perusahannya secara resmi mengembalikan Instagram Lite ke pasaran.

Fitur Apa Saja yang Tersedia di Instagram Lite Sekarang?

Instagram Lite ini sekarang sudah tersedia di lebih dari 170 negara dan hanya pengguna Android saja yang bisa menikmati aplikasi ini. Jika dibandingkan dengan aplikasi Instagram Lite sebelumnya, Instagram Lite versi sekarang menjadi lebih besar, jika versi sebelumnya 573 KB saja sekarang 2 MB. Tentu saja dengan lebih besar ukuran, maka fitur-fitur di dalamnya pun lebih lengkap daripada sebelumnya.

Sebelumnya, pada Instagram Lite kamu hanya diperbolehkan untuk menggunakan filter, memposting foto ke feed atau story kamu, menonton stories teman, dan menjelajahi tab explore. Namun pada versi Instagram Lite sekarang, kamu juga bisa mengirim sebuah DM, merekam dan memposting sebuah video. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Instagram Reels.

Salah satu yang patut di-highlight dari Instagram Lite ini adalah, mereka tidak akan menampilkan iklan apapun di dalamnya. Tetapi pihak Facebook memberikan sebuah statemen bahwa tidak tampilnya iklan di Instagram Lite ini tidak akan berlangsung selamanya, dan tentunya setelah perubahan update-update mendatang tidak menutup kemungkinan Instagram Lite akan penuh dengan iklan.

Selain itu untuk masalah animasi, live filter, dan stiker/efek AR telah diedit dengan sedemikian rupa untuk tetap compact dengan versi Lite. Jelas ini juga akan memudahkan smartphone “usang” untuk merasakan sensasi yang sama dengan Instagram versi sekarang.

Rilis di 170 Negara, Apakah Indonesia Termasuk?

Seperti yang dibahas sebelumnya, Instagram Lite ini telah dirilis di 170 negara, tetapi sayangnya Indonesia masuk pasar Instagram Lite ini. Meskipun ada sebuah tautan di Google Play Store tentang Instagram Lite, akan tetapi Instagram Lite tidak didukung di negara ini. Jadi kalau misalnya kamu mencicipi Instagram Lite, mungkin kamu harus menunggu lebih lama hingga ada pemberitahuan resmi lagi dari Facebook.

Instagram Tetap Mempertahankan Fitur-Fitur Penting di Instagram Lite

Meskipun Instagram Lite ini sepenuhnya berfokus untuk memenuhi kebutuhan para pengguna yang memiliki smartphone dengan kapasitas penyimpanan lebih rendah, dan kinerja yang rendah juga. Tetapi mereka tetap mempertahankan fitur-fitur penting yang ada di Instagram.

Hal ini sepenuhnya penting karena ketika Facebook berkespansi ke negara berkembang di luar Amerika Serikat dan Eropa, tidak semua orang memiliki akses internet yang bagus dan perangkat smartphone dengan kualitas terbaru. Jadi meskipun diselimuti keterbatasan tersebut, mereka tetap bisa merasakan fitur-fitur penting seperti yang dirasan pengguna Instagram pada umumnya.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Instagram Lite, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.