Kabar terbaru datang dari Twitter yang sedang menjajal sebuah fitur baru yang sekarang lebih berfokus pada pratinjau gambar dan foto. Dengan adanya fitur baru ini, kamu tidak perlu lagi mengetuk gambar thumbnail untuk melihat sebuah gambar, tetapi kamu bisa melihat seluruh gambar dan foto pada pandangan pertama.

Baca Juga:

Twitter Akan Lebih Ramah Terhadap Gambar dan Foto

Mungkin ada beberapa diantara kamu pengguna Twitter yang sudah mengetahui sedikit perubahan yang dialami Twitter baru-baru ini. Ya, gambar di Twitter sekarang memiliki pratinjau yang lebih besar dan lebih akurat, sehingga tidak perlu lagi kita mengetuk pratinjau tersebut untuk melihat keseluruhan gambar.

Untuk versi sekarang dan sebelumnya, ketika kita mengupload sebuah gambar, maka Twitter akan secara otomatis memotong gambar tersebut agar pas ukurannya dengan timeline. Dengan adanya fitur potong gambar secara otomatis ini, terkadang fokus utama sebuah foto malah terpotong.

Apalagi jika crop tersebut ditempatkan pada posisi yang tidak tepat, malah foto tersebut malah terkesan jelek dan gak enak untuk dilihat. Hal ini jelas membuat para pembuat konten gambar seperti fotografer, dan editing artist mengalami situasi yang tidak ideal.

Auto-Crop Pada Twitter Sempat Disinyalir Membawa Pesan Rasial

Fitur algoritma dari auto-crop ini sempat menjadi sebuah perdebatan yang cukup kontroversial. Banyak user melaporkan bahwa fitur auto-crop ini berpotensial bias rasial.

Para pengguna tersebut menemukan bahwa fitur pemotongan otomatis Twitter tampaknya lebih prefer menampilkan wajah putih daripada wajah hitam dalam sebuah pratinjau gambar. Twitter sendiri sudah membantah tegas hal tersebut, dan mereka pun terus memperbaiki algoritma auto-crop tersebut hingga pembaruan ini datang.

Mengunggah Foto dan Melihat Foto 4K di Smarphone pun Bisa!

Selain itu, Twitter juga sedang mengetes fitur yang memungkinkan mengupload dan melihat gambar dalam ukuran 4K. Sebenarnya Twitter telah memberlakukan fitur ini pada tahun 2018, tetapi fitur ini hanya disematkan pada versi desktop dan belum masuk ke ranah mobile. Twitter sendiri juga sedang menguji fitur ini di platform iOS dan Android.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah kok, kamu tinggal masuk ke pengaturan Data Usage. Dari situ, kamu bisa mengaktifkan high-quality image uploads serta mengaktifkan fitur yang memungkinkan kamu memuat gambar 4K di timeline Twitter kamu. Selain itu, kamu bisa memilih apakah kamu ingin mengaktifkan fitur tersebut saat menggunakan data seluler, Wi-Fi, atau keduanya.

Pengembangan Positif dari Twitter

Seharusnya dengan adanya kontroversi yang bergelayut pada algoritma auto-crop ini, Twitter sudah menghapusnya dari sejak lama. Selain dengan kontroversi tersebut, gambar preview menjadi lebih buruk dalam pemotongan dan kualitas gambar pun menjadi lebih buram. Maka dari itu Twitter merupakan pilihan yang buruk jika kita berbicara tentang media sosial untuk berbagi sebuah gambar. terlebih lagi bagi para pembuat meme ataupun fotografer profesional.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Twitter, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.