Hai sudah lama kita tidak membahas game di segmen Game of the Week, dan sebisanya aku akan membahas game of the week secara lebih rutin lagi. Kali ini aku akan membahas game yang mungkin sudah kamu ketahui yaitu Call of Duty Mobile (CoDM) yang memang akhir-akhir ini membuat aku pribadi doyan untuk memainkannya. Kira-kira mengapa game ini masuk dalam segmen Game of the Week kali ini ya?, simak pembahasan lengkapnya.

Baca Juga:

Seperti biasa sebelum masuk dalam sebuah pembahasan lengkap sebuah game, tidak afdol rasanya kita membahas latar game CoDM ini terlebih dahulu. Bagi kamu yang belum tahu, sebenarnya aku pernah membahas game ini ketika awal perilisan, tetapi saat itu masih belum banyak event-event yang disediakan Garena untuk CoDM ini. Tetapi saat ini CoDM ini adalah salah satu game paling solid dan menjadi penantang serius bagi PUBG apalagi predikat super rookie juga sangat melekat ketika awal perilisan yang menembus 5 juta download dalam kurun waktu seminggu.

Dibuat oleh Garena yang membuat game Free Fire, game ini mempunyai rasa yang sama sekali berbeda dengan Free Fire. Game ini benar-benar menyuguhkan sebuah game PC atau konsol yang dibawa ke ranah Smartphone. Jika kamu mungkin pernah memainkan game Call of Duty versi PC maupun konsol, ketika memainkan game ini pun rasanya hampir mirip dan mungkin perbedaan kontrollernya saja.

Jika membicarakan sebuah kualitas game, jelas game CoDM ini adalah salah satu game premium yang pernah aku coba dan mainkan selama ini. Jika berbicara dari grafis, jelas dengan kemampuan rata kanan kamu akan mendapatkan kualitas grafis yang sangat mumpuni dan detailing yang mempesona tetapi jangan lama-lama terpesona akan grafis tersebut karena baterai smartphone adalah batasan bagi kamu untuk menikmati keindahan grafis tersebut. Jika memang smartphone kamu spesifikasi rendah, kamu bisa pasang rata kiri tanpa menemukan sekalipun lag ketika memainkan game tersebut.

Dari sisi gameplay pun sangat solid, ada berbagai mode permainan yang bisa kamu mainkan sepuasnya yang tentunya mempunyai spesifikasi permainan yang berbeda-beda. Pada mode Multiplayer kamu bisa memainkan game Ranked ataupun game biasa dengan berbagai macam mode seperti Kill Confirm, Domination, Bomb Mission, Hardpoint, Frontline, Death Match dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini akan membuat kamu tidak bosan memainkan ranked match ataupun classic match karena pilihan permainan banyak dan dengan tipikal permainan yang tidak itu-itu saja. Jika kamu suka dengan Battle Royal, kamu pun bisa memainkan game Battle Royal ramai-ramai dengan teman-teman kamu ataupun solo squad. Pastinya ini akan membuat hari kamu makin seru apalagi jika kamu memainkannya ramai-ramai dengan teman kamu. Belum lagi kita membicarakan sebuah Mode Special yang update pertiap minggunya seperti Sniper Battle, Zombie, Tank Battle, Cranked, 10 vs 10, Spawn Trap dan masih banyak lagi. Pastinya kamu akan lupa waktu ketika memainkannya.

Membicarakan kontrol game pun juga menjadi sebuah kelebihan lain dari game ini. Kamu bisa mengatur tombol kamu sesuai dengan kenyamanan kamu, dan tentunya hal ini sangat penting karena hampir setiap orang mempunyai layout permainan yang berbeda-beda. Sensivitas smartphone dan game pun bisa kamu atur sesuai yang kamu inginkan, kamu bisa mengatur sensi rendah, medium, atau tinggi tergantung dari cara main kamu. Kamu pun bisa custom sensi tersebut, tetapi hal ini untuk para pemain yang sudah jago ya, dan tidak cocok bagi para pemula.

Terus In-App Purchases dan skin juga menjadi sebuah keunggulan di game CoDM ini. Bagi kamu yang free player, ada 3 misi yang bisa kamu selesaikan yaitu misi season, misi spesial, dan misi harian. Dari misi-misi tersebut kamu tetap bisa mendapatkan skin senjata yang bagus-bagus. Belum lagi jika ada event-event gratisan yang sering banget diselenggarkan oleh pihak CoDM. Bagi kamu yang punya modal untuk beli, kamu bisa juga membeli sebuah battle pass bulanan seharga kurang dari Rp. 100.000,00 saja dan ini harganya sangat murah jika dibandingkan PUBG yang battle pass nya berharga Rp. 150.000,00 per bulannya. Belum lagi koleksi skin tersebut sangat lengkap beserta efeknya dan kadang mendapatkan skin karakter serta stiker yang sangat unik. Apalagi jika grafis kamu pasang ke rata kanan, sudah pasti sebuah kombo yang sangat menakjubkan.

Fitur pun juga sangat banyak ada event-event gacha yang sebenarnya tidak terlalu mahal dengan game-game kompetitor, belum lagi event permainannya juga sangat berlimpah jadi sebagai seorang player dijamin tidak akan bosan ketika memainkan game ini. Selain itu, kamu pun bisa memodifikasi senjata kamu sendiri loh, kamu bebas bereksperimen dengan item apa yang terbaik dengan senjata kamu. Ada banyak banget senjata-senjata mutakhir yang bisa menolong kamu untuk mencapai kemenangan seperti UAV, Rudal, remote control yang mengeluarkan listrik, pedang, pesawat siluman, helikopter dan masih banyak lagi yang lainnya. Inilah mengapa CoDM ini menjadi sebuah game yang memiliki daya tarik yang luar biasa.

Tidak afdol rasanya jika membahas keunggulan tetapi mengesampingkan sebuah kelemahan. Nah, kelemahan game ini adalah adanya bug-bug yang sangat mengganggu. Contohnya, seringnya black screen ketika pertandingan berlangsung, dan hal ini tidak bisa diatasi selain kita merestart smartphone tersebut. Tidak hanya itu, map mode Battle Royal pun hanya terbatas di Classic dan Alcatraz. Harusnya Garena bisa memperhatikan sisi mode Battle Royal dengan menambahkan sejumlah map yang mempunyai keunikannya masing-masing seperti PUBG. Bahkan PUBG pun mempunyai banyak map seperti Erangel, Sanhok, Vikendi, Miramar dan membuat mode Battle Royal mereka tidak stagnan. Seharusnya CoDM bisa menambah map agar banyak pemain tertarik untuk memainkan mode Battle Royal ini. Satu lagi kekurangan game ini adalah game ini cukup menguras storage, dan mungkin ini adalah konsekuensi dari banyaknya mode tersebut, jadi jika memang storage kamu terbatas, mungkin tidak direkomendasikan untuk memainkang CoDM ini.

Tetapi secara keseluruhan, game ini merupakan salah satu game terbaik yang pernah aku mainkan. Memang cukup menguras storage di smartphone, tetapi melihat potensi besar yang dihasilkan dari game CoDM ini, harusnya game ini bisa menyaingi PUBG di ranah game fps android terbaik. Tidak ada salahnya kamu mulai beralih mencoba game CoDM ini, siapa tahu kamu tertarik dengan gameplay yang ditawarkan Garena dan CoDM ini dan mengganti game premier kamu ke CoDM ini. Tidak salah jika perbaikan yang dilakukan Garena mulai dari awal perilisan hingga sekarang membawa game ini menuju dalam kesempurnaan.

Oke itu tadi segmen Game of the Week pekan ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Download Call of Duty Mobile

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.