Kabar Terbaru datang dari Instagram, dimana Instagram telah membuat sebuah fitur keamanan yang berfungsi untuk menghindari para orang dewasa mengirimkan sebuah pesan pribadi atau DM kepada remaja yang tidak dia follow. Jika, remaja tersebut memutuskan untuk mengirimkan pesan kepada orang dewasa tersebut yang telah mereka ikuti, maka Instagram akan memberi tahu mereka jika orang dewasa tesebut memiliki pola interaksi dengan para pengguna dibawah umur.

Baca Juga:

Instagram Ingin Membatasi Percakapan Untuk Menghindari Kejahatan di Bawah Umur

Dalam sebuah postingan terbaru di blog resmi Instagram, mereka menggaris bawahi bahwa fokus utama dari fitur keamanan ini adalah untuk para remaja entah itu pria maupun wanita.

Dari pihak pengirim atau orang dewasa, mereka akan menerima sebuah pemberitahuan ketika mereka mencoba mengirim pesan atau DM kepada seorang remaja yang tidak mem-follow mereka. Nantinya, akan ada sebuah tulisan yang berbunyi “You can’t message this account unless they follow you”. Fitur ini menggunakan sebuah Artificial Intelligence untuk memprediksi umur seseorang.

Instagram juga akan memperingatkan para remaja tersebut ketika mereka mencoba mengirimkan sebuah DM kepada orang dewasa yang telah menunjukkan perilaku yang berpotensi mencurigakan. Pesan ini akan muncul ketika ada orang dewasa yang terus mengirim permintaan pertemanan atau pesan kepada pengguna di bawah umur 18 tahun.

Ketika seorang remaja tesebut mencoba mengirimkan sebuah pesan kepada orang dewasa yang mencurigakan tesebut, maka akan muncul sebuah prompt yang memberikan sebuah opsi untuk membatasi, memblokir, atau me-report akun tersebut. Prompt tersebut juga akan memberi tahu bahwa mereka tidak boleh merasa tertekan untuk menanggapi pesan orang dewasa.

Fitur ini akan tersedia di beberapa negara dan region pada akhir bulan ini. Selain itu, Instagram juga berencana meluncurkannya secara global.

Sebagai tambahan, Instagram juga akan mencoba memberikan saran untuk membuat akun secara private. Ketika ada pengguna yang umurnya dibawah 18 tahun maka Instagram akan memberika sebuah opsi akun tersebut akan dibuat publik atau private. Jika para remaja itu memilih akun publik, maka Instagram akan menampilkan sebuah notifikasi tentang manfaat memiliki akun private.

Terakhir, Instagram juga akan membenahi tab explore mereka untuk menghindari dan mencegah konten yang dibuat oleh para remaja tersebut agar tidak muncul di tab orang yang direkomendasikan maupun tab explore.

Instagram Semakin Ramah Untuk Anak

Sangat sulit bagi para orangtua untuk selalu memonitoring akun sosial media anak mereka. Apalagi jika anak-anak tersebut terkadang menggunakan manipulasi umur untuk membuat sebuah akun, karena hal tersebut juga akan mematikan fitur keamanan yang dikhususkan untuk anak.

Dengan adanya AI terbaru yang dikembangkan Instagram untuk memprediksi umur ini, diharapkan bisa mengurangai manipulasi umur yang dibuat oleh para anak-anak tersebut, dan tentu saja keamanan sosial media akan lebih efektif. Jadi bisa dibilang bersosial media untuk anak lebih aman dan ramah untuk anak kedepannya.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Instagram, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.