Google baru saja merilis sebuah sebuah aplikasi yaitu WifiNanScan. Dengan aplikasi ini akan memungkinkan kamu untuk mengukur jarak antara dua smartphone dengan menggunakan teknologi Wi-Fi. Ini adalah langkah yang diambil google supaya para developer aplikasi bisa lebih memanfaatkan lagi teknologi Wi-Fi yang sepenuhnya belum dikembangkan secara efektif dan maksimal.

Baca Juga:

Memanfaatkan Kemampuan Wi-Fi Aware

Sangat menarik jika kita membahas teknologi Wi-Fi, dan Google sendiri mengatakan bahwa teknologi Wi-Fi ini sangatlah potensial dan sama sekali belum dikembangkan secara maksimal. Nah, WifiNanScan ini akan memiliki Wi-Fi aware yang akan membantu aplikasi menemukan sebuah perangkat berkemampuan Wi-Fi terdekat dan mengukur jarak.

Menurut Google Wi-Fi Aware adalah “kapabilitas yang memungkinkan perangkat untuk menemukan dan menghubungkan langsung satu sama lain tanpa ada konektivitas lain diantara mereka”. Wi-Fi Aware sendiri juga dikenal sebagai Neighbor Awareness Networking (NAN).

Bisa disimpulkan bahwa Wi-Fi Aware membantu menghubungkan dua perangkat terdekat tanpa perlu perizinan yang rumit, kadangkala kita memang kesulitan untuk menghubungkan dua perangkat seperti halnya di ShareIt atau aplikasi sejenisnya. Dengan terhubungnya dua perangkat ini, mereka dapat menggunakan koneksi untuk bertukar data antar perangkat.

WifiNanScan Akan Membantu Untuk Mengukur Jarak Antar Perangkat

Nah, fungsi dari WifiNanScan sendiri mengandalkan struktur inti dari Wi-Fi aware protokol tersebut dan kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui seberapa jauh jarak antara satu perangkat ke perangkat lain. Selain itu, aplikasi ini memang dirancang untuk riset, demonstrasi, alat pengetesan bagi developer, vendor, universitas, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi ini juga, diharapkan banyak vendor atau developer yang berbasis Wi-Fi dapat mengurangi kerumitan dalam koneksi antar perangkat.

Kamu dapat menggunakan WifiNanScan untuk mengukur jarak antara jarak antar smartphone dengan tingkat presisi sekitar satu meter, dan jarak maksimal dari konektifitas ini adalah sekitar 15 meter. Meskipun fungsi dari aplikasi ini tidak terlalu berguna bagi kita para pengguna akhir, tetapi untuk para developer aplikasi hal ini sangatlah bermanfaat, apalagi jika berbicara mengenai aplikasi berbagi file ataupun sejenisnya.

Jika kamu tertarik dan penasaran untuk menggunakan aplikasi WifiNanScan ini, kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu di Play Store. Selain itu, Android kamu harus versi 8.0 untuk mendownload aplikasi WifiNanScan ini, dan ketika kamu telah menginstall aplikasi ini maka tinggal membuka aplikasi WifiNanScan ini.

Semakin Banyak Aplikasi yang Berbasis Teknologi Wi-Fi

Jelas dengan aplikasi WifiNanScan ini akan makin banyak aplikasi di Android yang menggunakan basis teknologi Wi-Fi. Apalagi dengan WifiNanScan ini kita bisa tahu jarak antara dua perangkat atau lebih, pastinya ini akan sangat bermanfaat jika kita saling berbagi data besar tanpa harus ribet masalah konetifitas maupun jarak.

Oke itu tadi berita Google WifiNanScan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Download WifiNanScan

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.