Kabar terbaru datang dari sosial media Twitter yang rencananya akan mengembangkan emoji reaction layaknya Facebook. Ya, mereka akan menerapkan sebuah reaksi kepada sebuah postingan atau tweet yang beredar, reaksi-reaksi tersebut sudah termasuk like atau dislike tweet publik dengan emoji jempol keatas maupun jempol kebawah.

Baca Juga:

Survei Pendapat Tentang Quick Reaction Emoji di Twitter

Twitter tentu sudah men-survei terlebih dahulu kepada beberapa penggunanya tentang rencana penerapan reaksi emoji ini selama berminggu-minggu hingga sekarang. Survei tersebut menanyakan kepada orang-orang bagaimana perasaan mereka tentang set reaction emoji ringan yang berbeda-beda. Cuma pihak dari Twitter tidak membeberkan hasil dari survei ini.

Survei tersebut meliputi emoji-emoji biasa seperti tertawa, menangis, berpikir, marah, terkejut dan masih banyak lagi. Beberapa pengguna yang disurvei juga melaporkan bahwa dalam isi survei tersebut ada yang membahas tentang suka atau tidak suka.

Seorang Juru bicara dari Twitter sedang mencari lebih banyak cara tambahan untuk orang-orang bisa lebih bisa mengekspresikan dirinya dalam percakapan yang terjadi di Twitter. Selain itu, Twitter juga ingin menambah sebuah opsi karena untuk saat ini, ikon reaksi hanya ikon hati saja.

Sedangkan menurut TechCrunch, beberapa orang melaporkan bahwa mereka melihat beberapa set like atau dislike emoji, seperti yang lazim ditemukan di Reddit yaitu ikon green up arrow dan red down arrow.

Langkah Berisiko yang Mampu Membuat Para Pengguna Setianya Marah

Melihat betapa populernya reaction emojis di Facebook ataupun platform sosial media lainnya. Jelas ini sesuatu yang sangat sensitif dan bisa memancing resiko kemarahan para pengguna setianya. Bahkan diawal-awal perubahan ikon hati ini saja banyak orang yang tidak menyukai perubahan kecil tersebut, apalagi ini perubahan yang cukup besar.

Tetapi apabila hasil survei tersebut tidak diterima oleh para penggunanya, bisa saja Twitter akan menunda untuk menerapkan fitur tersebut, atau malah membatalkannya secara penuh jika memang orang-orang menganggap perubahan tersebut terlalu radikal untuk selera mereka.

Opini: Sebenarnya Fitur ini Bisa Menjadikan Twitter Lebih Berwarna Tapi..

Ya, memang ini sebuah resiko yang besar jika Twitter mau menerapkan fitur tersebut. Tetapi, jika kita melihat sebelumnya-sebelumnya Twitter memang sedikit agak membosankan dengan hanyak menampilkan fitur Tweet, Re-Tweet, Reply, dan Direct Message. Perubahan ikon hati saja, membuat suasana Twitter menjadi lebih ceria jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Jika memang fitur ini jadi diterapkan, bisa dibilang nuansa dari Twitter akan lebih berwarna, dan juga kita bisa melihat sebuah respon cepat para pengguna Twitter kepada salah satu tweet yang viral tanpa harus membuka kolom reply. Untuk para pengguna Tweet pun bisa lebih mengerti apakah tweet mereka disukai atau tidak dari reaction emoji tersebut.

Tetapi ya balik lagi jika memang seperti tadi, tampilan Twitter akan menjadi lebih “Facebook” daripada Twitter dan hal ini pasti akan menjadi kontroversi. Selain itu, pengguna Twitter biasanya tidak memposting suatu Tweet secara anonim seperti Reddit, dan tentunya mereka mungkin akan takut bahwa tweet publik mereka akan menjadi downvoted bagi mereka. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya ya.

Lantas bagaimana pendapat kamu tentang rencana pembaruan Twitter ini?, apakah kamu setuju dengan rencana pembaruan ini?, atau malah sebaliknya?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.