Lagi-lagi Android 12 dilaporkan bakal memiliki fitur yang amat sangat berguna, setelah dikabarkan bakal memiliki recycle bin yang mana akan membuat file yang kamu hapus akan tersimpan sementara sebelum benar-benar dihapus dari perangkat. Kini ada kabar bahwa Android 12 bakal membuat bahasa pada aplikasi yang kamu install mengikuti bahasa sistem yang kamu gunakan.

Maksudnya gimana?

Jadi gini, andai kata kamu menginstall aplikasi dari wilayah luar (mis. China, Thailan, Korea, dll.) yang dipastikan belum mendukung bahasa apapun selain bahasa lokal, dengan adanya fitur ini maka aplikasi tersebut akan diterjemahkan ulang oleh sistem Android 12 sehingga bisa menggunakan bahasa sistem atau bahasa yang kamu gunakan pada ponsel kamu saat ini, tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada kemungkinan kalau fitur ini akan menggunakan API milik Google Terjemahan, tapi ada pula yang menyebutkan jika ini adalah API baru yang berbeda dan gak diragukan lagi, jika fitur ini benar-benar akan dirilis oleh Google di Android 12, maka kemungkinan besar ini akan jadi fitur eksklusif untuk Pixel.

Sebenarnya ini bukanlah hal baru, karena sudah ada aplikasi pihak ketiga seperti AllTrans yang memang dapat mengubah bahasa dari suatu aplikasi ke bahasa yang kamu inginkan. Aplikasi tersebut menggunakan Xposed Framework, yang kemungkinan besar akan digunakan juga oleh Google di Android 12. Kegunaan framework ini adalah untuk terhubung ke tampilan aplikasi / UI secara langsung agar dapat menerjemahkan dan mengganti teks secara otomatis sesuai dengan bahasa yang kamu inginkan.

DroidPoin sendiri gak yakin 100% apakah nantinya fitur ini akan siap ketika Android 12 dirilis, mengingat butuh usaha ekstra untuk menerjemahkan UI dalam OS atau bisa saja fitur ini dirilis bertahap. Dalam artian, pertama-tama mungkin  fitur ini cuma berlaku untuk aplikasi dalam sistem, kemudain akan tersedia untuk aplikasi lainnya seperti penerapan tema gelap di Android 10.

So, untuk informasi yang lebih lengkap, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan dan pastikan kamu nantikan informasi lengkapnya cuma di DroidPoin yah!

via XDA-Developer

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.