Kabar terbaru datang dari sosial media yang lagi naik daun sekarang ini yaitu Clubhouse dimana mereka sudah masuk ke platform Android. Akan tetapi mereka masih dalam tahap pengujian, dan aplikasi Clubhouse versi Android ini pun masih dalam tahap beta. Bisa dibilang ini masih dalam tahap penjajakan dan tentunya karena ini versi Beta masih belum dipasarkan secara publik.

Baca Juga:

Tanda Keseriusan Clubhouse Dalam Mengembangkan Sosial Medianya

Banyak orang meragukan keseriusan Clubhouse dalam pengembangan sosial medianya. Clubhouse sendiri untuk sekarang hanya bisa dinikmati oleh pengguna iOS saja, dan sama sekali belum ada rencana masuk ke platform Android. Sedangkan Clubhouse memberikan statement bahwa mengapa iOS yang menjadi platform untuk mengenalkan layanannya, karena ini sejalan dengan pandangan mereka tentang “eksklusifitas” dan hal tersebut kurang cocok jika dikenakan di Android.

Pihak dari Clubhouse pun sadar jika pasar Android adalah pasar yang besar, mereka menjelaskan bahwa aplikasi Clubhouse untuk Android masih dalam tahap pengembangan, dan kemungkinan besar tahun para user Android bisa menikmati sosial media audio chatroom Clubhouse ini.

Hal tersebut semakin dibuktikan setelah ada sebuah kabar yang dikeluarkan oleh tim Clubhouse di website nextweb dimana mereka sudah membuat aplikasi Clubhouse versi “kasar” atau beta untuk Android. Tim dari Clubhouse menekankan bahwa peluncuran aplikasi ini masih belum dalam skala penuh, dan masih belum ada kepastian kapan aplikasi ini akan dilempar ke Play Store.

Tetapi bisa disimpulkan bahwa Clubhouse tengah serius untuk mengembangkan platformnya di versi Android, dan hal tersebut patut diapresiasi melihat besarnya potensial yang bisa digali di pasar audio chatroom ini.

Langkah Clubhouse ke Android Sudah Terlambat?

Bisa dibilang semenjak viralnya Clubhouse di iOS akhir tahun lalu hingga awal tahun ini, banyak banget layanan sosial media mengcopy fitur audio chatroom ini. Mulai dari Twitter Spaces yang kali ini sudah hadir di semua platform, Instagram dan Facebook yang tidak lama lagi akan memperkenalkan fitur tersebut, Reddit, bahkan Telegram pun ikut meramaikan pasar audio chatroom atau audio-only tersebut.

Bahkan mereka yang menjadikan fitur tersebut trendsetter di dunia sosial media, kini harus berjuang merebut pasar dari 0 lagi. Ini adalah hal yang patut disayangkan, jika Clubhouse bisa merilis fitur tersebut langsung di dua platform bukan hal mustahil jika mereka akan merajai pasar sosial media setidaknya sepanjang tahun ini.

Pihak Clubhouse tidak belajar dari sejarah Snapchat yang ketika itu mereka mengeluarkan fitur Story, sayangnya ketika itu Snapchat hanya bisa dinikmati di platform iOS saja. Hal ini menjadi santapan empuk bagi Instagram dimana mereka mengcopy fitur tersebut dan menjadikan Story sebagai trademark mereka hingga sekarang. Hal itupun kemungkinan akan sama terjadi kepada Clubhouse cepat atau lambat.

Bisa disimpulkan langkah ini adalah langkah terlambat yang diambil oleh Clubhouse, tetapi melihat banyaknya kekurangan yang ditemukan pada fitur audio-only di platform sosial media lain, harusnya ini menjadi sebuah momen agar Clubhouse bisa menyempurnakan platformnya dan menguasai lagi pasar sosial media khusunya di Android. Setidaknya Clubhouse haru gerak cepat untuk meresmikan aplikasinya karena sosial media lain tentu akan terus memperbaiki platformnya menjadi lebih baik

Oke itu tadi opini seputar Clubhouse, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.