Sepertinya Twitter sedang menikmati masa-masa indah sekarang ini, alasannya pun simpel dimana Twitter Spaces yang disebut-sebut mirip dengan Clubhouse diterima dengan baik oleh para pengguna mereka. Twitter sendiri akan meluaskan ketersediaan Spaces agar semua orang bisa menggunakannya dan tidak terbatas hanya invite-only saja.

Baca Juga:

Twitter Spaces Sukses Besar!

Setelah peluncuran Twitter Spaces pada sekitar minggu lalu, mereka mendapatkan masukan positif dari para tweeps (pengguna Twitter). Hal ini dikarenakan Twitter Spaces bisa digunakan di semua platform seperti Android dan iOS, selama akun tersebut mempunyai 600 pengikut atau lebih, kamu bisa menghosting sebuah Spaces dan bersosialisasi dengan follower kamu.

Balik lagi ke seputar Twitter Spaces, memang fitur ini menjadi primadona baru bagi pengguna Twitter. Ini sangat kontras jika dibandingkan dengan perilisan Fleets atau Story yang mendapatkan banyak cacian di sana-sini karena mereka tidak menyukai fitur tersebut.

Tetapi sebaliknya fitur Spaces malah mendapatkan sukses besar karena kemudahan dalam pengoperasian dan tentu saja belum ada platform lain yang menjadi saingan di audio chatroom atau audio-only ini (kecuali di iOS Clubhouse lah penguasanya).

Apa yang Terjadi di Dalam Spaces?

Dalam Twitter Spaces ini, kamu bisa langsung masuk ke Spaces tanpa harus ijin kepada sang empunya Spaces. Kamu masih bisa mendengarkan orang lain berbicara di dalam Spaces tersebut, jika kamu ingin berbicara maka kamu tinggal menekan tombol mic di sebelah kiri, dan jika sang hosting mengijinkan maka kamu bisa berbicara di Spaces itu.

Selain itu, hosting bisa mengundang pembicara lain atau mengangkat pendengar menjadi pembicara. Hosting juga berhak me-mute atau me-kick anggota, hosting juga bisa mempinned sebuah tweet percakapan. Bagi para pendengar, interaksi akan dibatasi dengan beberapa emoji. Sepertinya Twitter akan membuka Spaces untuk semua pengguna di suatu waktu.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Spaces?

Cara mengaktifkan Spaces cukup mudah, kamu harus memenuhi syarat mempunyai follower 600 orang atau lebih maka kamu bisa memakai fitur ini. Jika syarat tesebut terpenuhi, maka kamu bisa tap tombol bulu di bagian bawah kanan, pilih Spaces. Setelah itu kamu tinggal pilih get started, dan kamu sudah memiliki Spaces kamu sendiri, Spaces tersebut akan di broadcast di pada fitur Fleets jadi para follower kamu pun bisa langsung join ke dalam Spaces tersebut.

Melihat suksesnya Twitter “mengcopy” Clubhouse rasanya seperti dejavu ketika Story Snapchat diambil alih oleh Instagram. Setidaknya ini adalah sebuah peringatan bagi para sosial media baru meninggalkan “eksklusifitas”, memang hal tersebut sangat baik untuk jangka pendek, tetapi untuk jangka panjang hal itu bukanlah hal yang bijak, dua contoh diatas rasanya sudah cukup membuktikan bahwa eksklusifitas bukanlah hal yang efektif untuk sosial media sekarang ini.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Twitter, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.