Kabar terbaru datang dari Google yang akan menggunakan pengamanan two-step verification atau yang lebih dikenal dengan 2FA. Google berencana akan menjadikannya menjadi pengaman default untuk semua pengguna di masa yang akan datang. Dengan keamanan ini jelas akan menciptakan sebuah lapisan keamanan ekstra untuk akun Google tersebut.

Baca Juga:

Entah mengapa Google sepertinya cukup lama dalam menentukan keamanan 2FA ini, tetapi bisa dibilang ini adalah sebuah perubahan yang besar, apalagi jika menjadikannya sebagai default pengamanan bagi semua pengguna dengan akun yang telah dikonfigurasi.

Keamanan Data Google Kamu Semakin Aman dari Tangan-Tangan Jahil

Jika sebelumnya kamu telah mengamankan akun Google kamu dengan menggunakan 2FA atau 2SV, maka Google akan meminta kamu mengonfirmasi bahwa akun itu benar-benar kamu yang memilikinya dengan hanya menggunakan sebuah ketukan mudah melalui prompt Google.

Pada versi Android, prompt tersebut akan muncul sebagai notifikasi ataupun UI layar penuh yang dapat kamu gunakan untuk mengonfirmasi. Apapun jenisnya, notifikasi akan memberitahu perangkat kamu, lokasi, dan waktu dimana kamu mulai melakukan 2FA dan memastikan bahwa syarat-syarat 2FA sudah berjalan dengan benar.

Google sendiri mengatakan bahwa “Kami akan segera memulai secara otomatis mendaftarkan pengguna pada keamanan 2SV (two-step verification), jika akun telah terkonfigurasi dengan benar”. Tetapi kata-kata segera ini patut disorot karena masih belum ada konfirmasi kapan kiranya kata-kata “segera” itu dilakukan.

Penting untuk dicatat adalah Google mengatakan akan menjadikan pengamanan 2FA sebagai default, tetapi Google tidak mengatakan bahwa keamanan menjadi syarat yang harus digunakan, jadi kamu pun bisa merubah keamanan ini di masa mendatang. Tetapi keamanan ini sangat penting loh, sebuah langkah yang bijak untuk tetap mempercayakan keamanan ke 2FA.

2FA Adalah Solusi Keamanan Akun

Password bukan lagi cara yang bijak dalam keamanan, apalagi melihat keamanan akun akhir-akhir ini yang rasanya amat mudah untuk dibobol meskipun telah memakai password. Tidak peduli seberapa aman password yang kamu buat, memiliki lapisan keamanan kedua merupakan hal yang sangat baik.

Jika memang kamu belum melakukan keamanan 2FA, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk menyiapkan 2FA di akun kamu. Memang agak sedikit ribet, tetapi yang pasti akun anda akan aman ditangan 2FA atau 2SV ini.

Oke itu tadi berita tentang update keamanan Android, semoga artikel ini bermanfaat untu kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.