Ketika Apple mengumumkan akan memperkenalakan widget di iOS, memang agak sedikit ada rasa iri kapan fitur tersebut akan hadir di Android. Ya, Android memang memiliki beberapa widget, tetapi sepertinya widget-widget yang ada di Android tidak terlalu dikembangkan oleh Google, bahkan ada sebuah ketidak konsistenan dalam mengembangkan cara kerjanya. Sedangkan kualitas widget di iPhone terasa rapi dan semuanya fiturnya pun bermanfaat. Tetapi melihat update Android 12 ini, sepertinya Google mulai memberikan perhatian lebih terhadap widget-widget buatan mereka.

Baca Juga:

Penampilan Widget Baru di Android 12

Dalam sebuah sesi I/O, Google membagikan beberapa perubahan yang dihadapi oleh pengembang yang akan membuat widget menjadi lebih menarik dan konsisten untuk Android 12. API Widget yang baru ini akan lebih berfokus untuk membuatnya lebih interaktif dan dapat ditemukan lebih mudah.

Untuk membuat sebuah widget lebih berguna, ada beberapa dukungan asli untuk elemen interaktif seperti checkbox dan switch. Dengan cara ini kamu akan dapat berinteraksi dengan aplikasi lebih mudah tanpa perlu membuka aplikasi tersebut. Selain itu, Flag baru untuk konfigurasi akan memberi developer lebih banyak kendali atas bagaimana widget mereka dipersonalisasi. Ini berarti kamu bisa melakukan beberapa penyesuaian widget tanpa kesulitan sama sekali.

Jika membicarkan sebuah desain, Google akan memaksa widget memiliki sebuah sudut membulat, jadi jika misalnya para pengembang tidak mendesainnya, maka widget yang akan ditampilkan terlihat tidak pada tempatnya. Sistem warna dinamis yang diperkenalkan dengan Material You ini juga akan diperluas ke widget pihak ketiga dan akan menjadi semakin menarik.

Tetapi permasalahan utama dari widget Android adalah ketidakkonsistenan mereka, padahal hal ini sangat penting untuk membantu menyelaraskan tampilan smartphone. Selain itu, widget juga dapat diatur agar sesuai dengan tema sistem sehingga mereka akan tetap bagus baik light mode maupun dark mode. Sepertinya issue tentang ketidakkonsistenan ini telah diperbaiki oleh Google dan semua widget bisa menjalankan tema sistem dengan sempurna.

Selain itu, kemudahan dalam discovery atau pencarian akan terus ditingkatkan karena para developer akan memberikan sebuah deskripsi lengkap mengenai informasi yang mereka bagikan. Sangat penting juga menentukan ukuran yang lebih tepat dan tata letak yang responsif, hal ini bertujuan untuk memberi lebih banyak kebebasan terhadap pengembang dan para pengguna. Ini juga berguna untuk peningkatan penskalaan sehingga widge akan terlihat bagus entah apapun ukuran layar maupun resolusinya.

Mungkin itu dulu berita update seputar Android 12, jika ada update lagi aku akan langsung bagikan kepada kamu semuanya ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.