Kabar cukup mengejutkan datang dari aplikasi sosial media Facebook, dimana mereka mendapatkan review bintang satu yang banyaknya hampir sama dengan review bintang 5 milik mereka. Hal ini dikarenakan banyaknya aktivis Pro-Palestina yang memberikan review bintang 1 pada mereka, ini terjadi di semua platform baik di iOS maupun Android.

Baca Juga:

Peringkat Facebook Menukik Tajam!

Para aktivis pro-Palestina ini memang merencanakan sebuah kampanye yang bertujuan untuk menurunkan rating Facebook di aplikasi mobile, baik di Apps Store, maupun di Play Store.

Laporan ini pertama kali disebarkan oleh kantor berita NBC, dimana banyak aktivis tersebut menyerukan kepada semua netizen untuk memberi Facebook ulasan satu bintang sebagai bentuk protes atas dugaan penyensoran akun dan postingan Palestina di platform tersebut.

Ternyata, kampanye ini sangatlah efektif dan bekerja secara luas. Ketika artikel ini ditulis, rating Facebook menjadi sangat jatuh di App Store Facebook mendapatkan rating 2.3/5.0, sedangkan di Google Play mendapatkan rating 2.4/5.0. Banyak dari isi ulasan tersebut menuduh Facebook menyensor tentang Palestina, serta menyertakan tagar seperti #FreePalestine dan #GazaUnderAttack.

Respon Dari Facebook

Seperti yang dilaporkan, Facebook menangani masalah ini dengan sangat serius, mereka telah menandainya sebagai “SEV1” atau “Severity 1” yang merupakan deskripsi yang digunakan oleh internal saat ada masalah prioritas tinggi dengan platform mereka.

Kode “SEV1” ini adalah kode tertinggi nomor dua dan untuk kode paling tinggi dan paling prioritas adalah “SEV0” yang mana ini berarti situs atau aplikasi dalam keadaan down.

Juru bicara Facebook yaitu Andy Stone mengatakan kepada NBC bahwa kebijakan Facebook telah didesain untuk memberikan hak kepada semua orang untuk berbicara, dan tentunya telah Faceboook terapkan secara setara terlepas dari keyakinan pribadi yang dianut oleh pengguna. Facebook juga telah mengontak Apple untuk menghapus seluruh ulasan negatif di App Store, tetapi hal itu telah ditolak.

Facebook Dalam Masalah yang Besar!

Dalam beberapa bulan terakhir, Facebook mendapatkan serangan secara bertubi-tubi dari para penggunanya maupun dari pihak luar. Mulai dari kebijakan terbaru dari WhatsApp, isu dimana mereka menjadi sarang Hoax, tidak transparan terkait data user, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang mereka memang sedang dalam masalah yang sangat besar, dan bisa jadi ini malah makin membuat eksistensi mereka menjadi berkurang drastis. Patut ditunggu apa yang akan dilakukan oleh Facebook untuk menanggulangi hal ini.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Facebook, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.