Sebuah aplikasi kolaborasi dan penunjang produktifitas seperti Microsoft Teams memang sangat diperlukan untuk saat ini. Bahkan, dengan aplikasi itu, kita bisa membagikan data dengan tim kita secara mudah dan sangat cepat. Permasalahnnya adalah untuk sekarang keamanan di aplikasi kolaborasi dan produktifitas sangatlah kurang, padahal kita seringkali berbagi data penting yang harusnya diketahui oleh tim kita. Tetapi pada perubahan kedepan, sepertinya Microsoft sedang menjajaki kemungkinan fitur end-to-end enkripsi, apakah fitur ini akan membantu meningkatkan keamanan aplikasi Microsoft Teams?.

Baca Juga:

Keamanan Microsoft Teams Ditingkatkan

Sebenarnya Microsoft masih belum mengumumkan apakah fitur ini end-to-end enkripsi secara lebih detail. Akan tetapi entry dari rencana enkripsi sudah ditulis dalam Microsoft 365 Roadmap. Dengan Roadmap ini Microsoft membagikan apa saja fitur terbaru dan tambahan-tambahan produk yang akan disematkan dalam aplikasi Microsoft, jadi para pengguna aplikasi Microsoft bisa mengecek apa saja pembaruan yang akan diberlakukan.

Ada sebuah hal menarik yang bisa ditemukan di dalam Roadmap ini, dimana ada sebuah ID fitur berkode 70780 yang cukup menarik perhatian. Fitur ini dinamakan “Microsoft Teams: End-to-end encryption option for Teams 1:1 VoIP Calls”.

Seperti yang pernah dijelaskan, konsep End-to-end Encryption (E2EE) memang sangat dibutuhkan bagi aplikasi yang memang menjadikan komunikasi menjadi tumpuan utama. Hanya orang yang saling berkomunikasi yang tau akan apa isi dari pesan tersebut, sedangkan pihak luar bahkan developernya sendiri tidak akan tahu apa isi dari dalam pesan tersebut karena di enkripsi.

Tentu saja, perusahaan sendiri juga tidak akan mengetahui apa yang dibicarakan oleh para karyawannya. Untuk mengakali hal ini, Microsoft akan menyertakan bahwa sebuah tim IT bisa memiliki kendali apakah karyawan dapat menggunakan E2EE atau tidak.

Membuat Berbagai Hal Menjadi Aman Dengan End-to-End Encryption

Sistem di dalam E2EE sendiri sangat kompleks dan rumit, dan jika dibedah satu-satupun akan cukup panjang. Tetapi melihat sebuah perubahan keamanan dari Microsoft Teams ini tentu ini adalah perubahan yang sangat penting dan cenderung harus dilakukan oleh Microsoft.

Tentunya, kebocoran tentang informasi perusahaan bisa diminimalisir dengan lebih baik, tidak hanya itu saja segala isu sensitif tentang project kerja pun bisa dipastikan tidak akan bocor ke pihak luar.

Lalu bagaimana pendapat kamu tentang update terbaru dari Microsoft Teams ini?, tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.