Google telah mengumumkan sekitar 6 fitur baru yang akan hadir ke perangkat Android 12. Fitur ini akan membantu peningkatan pemakaian, memungkinkan kamu untuk mengekspresikan diri secara lebih baik, dan membantu kemungkinan survive ketika ada bencana gempa bumi yang melanda daerah kamu. Sebagian besar fitur yang disebutkan di bawah ini akan tersedia di semua perangkat Android 6.0+. Besar kemungkinan perilisan tersebut hanya dalam versi beta saja, dan akan rilis ke publik bersamaan dengan perilisan Android 12.

Baca Juga:

Star Messages dan Contextual Emoji Kitchen Suggestions

Untuk membantu mempermudah menemukan pesan penting itu, Google menambahkan sebuah kemampuan untuk memberi tanda bintan di aplikasi Message kamu. Ini akan memungkinkan kamu untuk mudah mengakses sebuah pesan penting tanpa perlu repot-repot mencari pesan tersebut. Cara mengaktifkannya pun sangat mudah, kamu tinggal long press pesan tersebut dan tekan ikon bintang.

Google juga meningkatkan fitur Emoji Kitchen di Gboard dengan menambahkan saran kontekstual ke dalamnya. Dengan Emoji Kitchen ini akan memungkinkan kita untuk mencampur dan mencocokan dua emoji untuk membantu kita mengekspresikan diri secara lebih baik. Untuk kedepannya, Gboard akan menawarkan saran kontekstual pada Kitche Emoji berdasarkan apa yang kamu ketik.

Fitur ini sendiri telah tersedia bagi pengguna Gboard Beta, dengan estimasi peluncuran resminya akan dijadwalkan akhir musim panas ini. Fitur ini awalnya hanya berfungsi pada bahasa Inggris, Spanyo, dan Portugal. Untuk bahasa yang lainnya akan menunggu beberapa update ke depannya.

Sistem Peringatan Alarm Akan Datang ke Banyak Negara

Seperti yang diumumkan oleh The Keyword, sepertinya Google akan memperbesar layanan Android Earthquake Alerts System ke negara-negara lain seperti Turki, Filipina, Kazakhstan, Republik Kirgistan, Tajikstan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Awalnya, aplikasi ini diberlakukan pada negara-negara yang rawan gempa bumi dan pada April kemarin mereka sudah menambah dua negara yaitu Selandia Baru dan Yunani.

Sistem peringatan Gempa Android ini menggunakan akselerometer di smartphone androi kamu dan mengunakannya menjadi seismometer mini. Kemudian crowdsources akan memverifikasi data dari perangkat Android lain untuk memastikan apakah memang terjadi gempa bumi atau tidak. Jika memang terjadi gempa bumi, maka sang pengguna akan diberikan sebuah notifikasi terhadap hal tersebut.

Android Auto Bisa Dikustomisasi dan Menjadi Lebih Cerdas

Google juga menambah sebuah opsi kustomisasi ke Android Auto dengan membiarkan kamu menyesuaikan layar homescreen dari smartphone kamu dan mengaktifkan dark mode secara manual.

Aplikasi media akan mendapatkan sebuah tab baru untuk mempermudah penelusuran konten. Selain itu, Android Auto juga akan mendapatkan sebuah tombol A hingga Z di scroll bar dan opsi back to top untuk navigasi yang lebih mudah.

Kamu juga dapat meluncurkan aplikasi pesan pilihan kamu dari beranda Android Auto. Terakhir, Android Auto mendapatkan kategori aplikasi baru seperti pengisian daya EV, parkir, dan aplikasi navigasi.

Masuk ke Dalam Aplikasi Menggunakan Suara Kamu

Kamu dapat menggunakan “Hai Google” di perangkat Android kamu untuk masuk langsung ke bagian tertentu dari suatu aplikasi. Misalnya, kamu mengatakan “Hai Google”, “Mainkan Lagu di Spotify” maka aplikasi Spotify akan terbuka dan akan otomatis memainkan lagu untuk kamu.

Selain itu, ada banyak aplikasi Android dengan dukungan pintasan akses suara. Kamu dapat mendapatkan akses cepatnya dengan hanya mengatakan “Ok Google, Shortcut”. Google juga meningkatkan aksesbilitas akses suara untuk pengguna dengan disabilitas motorik dengan menambahkan deteksi tatapan.

Fitur ini akan secara otomatis mendeteksi ketika kamu melihat layar atau berbicara dengan orang yang berdiri di depan kamu. Dengan hal ini akan memungkinkan Akses suara hanya berfungsi saat kamu melihat smarphone dan tidak saat berbicara dengan keluarga maupun teman.

Oke itu tadi beberapa fitur yang diperkenalkan pada Android 12 yang akan datang, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.