Kabar terbaru datang dari Google yang terus menerus crash di smartphone Android bahkan hingga hari ini. Permasalahannya adalah crash ini terjadi di secara global, dan banyak keluhan tersebut masuk dalam sosial media Twitter dan berbagai forum online untuk melampiaskan kekesalan mereka tentang aplikasi Google yang berulang kali mogok di perangkat mereka.

Baca Juga:

Aplikasi Google Crash di Banyak Pengguna Android

Tidak jelas mengapa aplikasi Google tiba-tiba mengalami crash untuk sebagian besar pengguna Android. Beberapa pengguna melaporkan bahwa masalah mulai terjadi setelah menginstal pembaruan aplikasi Google yang terbaru. Dalam beberapa kasus, aplikasi berulang kali crash di background yang menyebabkan pengalaman yang jelas membuat frustasi.

Tentu saja apabila hal ini secara terus-menerus terjadi, maka akan mempengaruhi kinerja fungsi aplikasi Google lainnya, seperti Google Asisten dan Google Lens bagi banyak pengguna. Hal ini sebenarnya pernah terjadi pada bulan Maret, banyak aplikasi Android crash tanpa alasan sama sekali.

Masalah ini disebabkan karena masalah server dari Google dan mengharuskan perusahaan untuk melakukan perbaikan. Belajar dari hal itu, atau mungkin dari update aplikasi Google terbaru yang menjadi penyebab masalah utama crash ini, apalagi ini berimbas pada banyak banget user Android di seluruh dunia.

Bagaimana Caranya Agar Smartphone Kita Tidak Terkena Imbas?

Karena banyak pengguna yang me-mention Google karena hal ini, Google Support di Twitter merekomendasikan untuk me-reboot smartphone Android kamu secara perlahan, hal ini bertujuan untuk memecahkan masalah dalam jangka waktu yang sementara.

Tampaknya, solusi ini berfungsi setidaknya bagi sejumlah pengguna Android, meskipun masih banyak user yang bilang bahwa hal ini tidak ada efek sama sekali dan permasalahan pun masih sama meskipun mereka telah melakukan reboot.

Jika memang aplikasi Google masih terjadi crash setelah update ini, kamu bisa meng-uninstall update tersebut terlebih dahulu. Untuk melakukan hal ini kamu tinggal ke menu Settings > Apps > Google di smartphone Android kamu dan tap opsi Uninstall Updates.

Solusi ini terbukti cukup ampuh bagi hampir semua user, meskipun terlihat hanya mengurangi frekuensi dari crash bagi user lainnya. Namun, hingga Google masih belum memberikan keterangan resmi bagaimana cara memperbaiki ini, sepertinya cara tersebut merupakan solusi terbaik untuk sekarang ini.

Bagi kamu yang masih belum terkena dampak akan hal tersebut, ada baiknya kamu mendisable auto-update aplikasi agar menghindari crash ini terjadi pada smartphone kamu hingga muncul sebuah solusi yang Google keluarkan untuk mengatasi hal ini.

Oke itu tadi berita tentang crashnya aplikasi Google, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.