Kabar terbaru datang dari sosial media yang berbasis short video platform yaitu TikTok, dimana mereka membuat sebuah perubahan besar pada platform mereka. Perubahan ini adalah memungkinkan kamu merekam dengan durasi hingga 3 menit, 3 kali lipat dari apa yang TikTok tawarkan sebelumnya yang hanya berdurasi 60 detik saja.

Baca Juga:

Video Berdurasi 3 Menit Hadir di TikTok

TikTok memang sedang mencapai popularitas yang tinggi karena mengusung konsep unik dengan short videonya. Kelihatannya, sedikit demi sedikit TikTok mulai meninggalkan konsep short video yang sudah melekat pada mereka beberapa tahun terakhir ini.

Seperti yang dilansir dari TikTok Newsroom, TikTok sudah mengumumkan bahwa semua user sekarang bisa membuat sebuah video dengan durasi yang lebih lama. Sebenarnya, TikTok telah memberikan ide ini pada bulan Desember 2020 kemarin dan mengetes video durasi 3 menit ini pada sejumlah kecil kreator.

Dengan durasi yang lebih panjang, jelas akan memungkinkan orang untuk membuat video yang lebih kreatif, dan juga membolehkan para konten kreator untuk memperluar tutorial, komedi, atau rutinitas yang mereka lakukan. Hal ini pun dibenarkan oleh Produk Manager TikTok yaitu Drew Kirchoff yang mengatakan bahwa “dengan video lebih panjang, para konten kreator akan memiliki sebuah kanvas yang lebih besar untuk menggali potensial konten baru, tentu saja fleksibilitas ruang pun lebih banyak dan luas”.

Untuk sekarang ini dengan batas satu menit terkadang cukup banyak kreator harus memikirkan bagaimana sebuah ide konten harus tersampaikan dalam kurun waktu satu menit. Tentu saja ini cukup merepotkan bagi para konten kreator, apalagi jika mereka membuat sebuah video part kedua atau ketiga. Dampaknya pun juga dirasakan oleh para viewer, karena mereka harus menggali konten untuk menemukan part dua dan tiga dari konten kreator tersebut.

Dengan adanya video berdurasi tiga menit, para konten kreator bisa mendapatkan lebih banyak fleksibilitas saat merekam. Tetapi TikTok masih belum memberikan informasi pasti kapan tepatnya video durasi 3 menit ini akan berlaku, tetapi ada sebuah bocoran yang mengatakan bahwa fitur ini akan hadir dalam beberapa minggu kedepan. Jadi jika memang kamu suka memakai aplikasi TikTok, pastikan untuk selalu update aplikasi TikTok kamu ya.

Akankah Dengan Durasi yang Lebih Panjang Membuat TikTok Menjadi Lebih Baik?

Sebenarnya, short form video seperti yang sekarang diperkenalkan TikTok sangatlah memorabel, apalagi kebanyakan video viral pun datang dari video pendek yang ada TikTok. Rasanya melihat sebuah video berdurasi 3 menit terkadang membuat kita bosan, bukankah lebih mudah jika kita menonton YouTube saja daripada menonton TikTok?.

Tetapi bisa jadi ini adalah langkah TikTok untuk mengancam YouTube. Baru-baru ini YouTube mencoba masuk ke ranah short form video dengan fitur YouTube Shorts-nya, ini berarti pertarungan video platform akan semakin sengit antara TikTok maupun YouTube.

Lalu apakah perubahan ini menjadikan TikTok lebih baik?, sangat besar kemungkinan bahwa TikTok akan menjadi lebih berwarna daripada sebelumnya. Tetapi menurut sebuah analisa, Sangat besar kemungkinannya jika TikTok masih merajai sosial media untuk sekarang ini. Dengan banyaknya endless stream konten dan menghiburnya video serta mudahnya orang menonton, sepertinya durasi 3 menit akan tetap membuat orang betah berlama-lama menggunakan TikTok.

Oke itu tadi berita seputar update TikTok, semoga artikel ini bermanfaat untu kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.