Bukan rahasia lagi jika selama beberapa bulan terakhir memang terasa sangat berat bagi semua orang. Inilah mungkin sebabnya Pinterest tidak akan menoleransi konten apapun yang mengisyaratkan pesan negatif atau bahkan topik terkait citra tubuh.

Baca Juga:

Apapun Bentuk Body Shaming Diharamkan di Pinterest!

Menurut sebuah postingan di Pinterest Newsroom, mulai tanggal 1 Juli 2021 kemarin, semua iklan dengan bahasa dan gambar yang berhubungan dengan berat badan akan dilarang di Pinterest. Semua iklan tersebut akan dilarang termasuk iklan untuk mengidealkan berat badan atau bahkan merendahkan tipe tubuh tertentu, dan juga iklan seputar Body Mass Index (BMI) referensi atau indeks yang serupa.

Sebelum ini, Pinterest sudah memiliki sebuah aturan yang melarang promosi produk penurun berat badan, gambar yang mengindikasikan before/after penurunan berat badan, dan body shaming. Namun, ada beberapa iklan dengan jeli memanipulasi pesan dari iklan tersebut, baik dari manipulasi desain, hingga memanipulasi pesan yang ditampilkan. Hal tersebut sekarang tidak akan lagi terjadi karena Pinterest akan dengan tegas melarang konten semacam itu beredar.

Pihak Pinterest mengatakan bahwa kebijakan ini dikembangkan bersama dengan National Eating Disorders Association (NEDA), lembaga non-profit untuk mencegah, dan memberi sebuah edukasi untuk masyarakat tentang gangguan makan. Selain itu, NEDA mendorong langkah ini untuk memprioritaskan kesehatan mental dan kesejahteraan para user Pinterest khususnya akan dampak dari budaya diet, body shaming, hingga gangguan makan.

Sejak dimulainya pandemi Covid-19 ini pada bulan Maret tahun 2020 kemarin, NEDA melaporkan bahwa telah melihat peningkatan aktivitas di help centernya, dan Pinterest dipilih oleh NEDA untuk merubah kebijakan radikalnya.

Perang Melawan Body Shaming di Platform Sosial Media

Meskipun benar Pinteres merupakan salah satu platform sosial media besar yang menghentikan iklan konten penurunan berat badan, jelas ini bukan pertama kalinya masalah body shaming ini muncul ke permukaan.

Ketika ada event National Disorders Awareness Week di akhir bulan Februari kemarin, TikTok dan Instagram menggunakan semacam sumber gambar yang mengedukasi user atau penggunanya perihal gangguan makan. Hal ini menjadikan perang melawan isu body shaming di sosial media, dan diharapkan angka tindakan body shaming akan berkurang di platform sosial media.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Pinterest, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.