Beberapa dari kita mungkin cukup sering atau malah ingin membuat daftar kontak kita terlihat lebih rapi dari kebanyakan orang. Menghapus entri yang sudah usang sebenarnya sebuah kebiasaan yang sangat baik untuk dipertahankan, tetapi tidak ada yang ingin menghapus informasi penting secara tidak sengaja. Itulah mengapa Google akan menyertakan Trash Folder di Google Contact.

Baca Juga:

Bukan Sebuah Fitur Baru Sebenarnya

Sebenarnya, fitur Trash Folder ini bukanlah sebuah fitur baru yang diperkenalkan oleh Google Contact. Sebelumnya, Google Contact telah membawa fitur ini ke dalam versi webnya, cuma melihat kurangnya fitur di dalam versi mobile maka fitur Trash Folder kini dihadirkan, dan membuat seolah-olah ini adalah fitur yang baru diperkenalkan.

Fitur Trash Folder ini sendiri umurnya kurang dari setahun semenjak penerapannya di versi webnya, Trash Folder ini menjaga kemungkinan kontak tetap aman dari penghapusan. Sebelumnya, banyak user yang memperhatikan bahwa meskipun fitur ini tidak tersedia di smartphone, kontak yang telah dihapus di smartphone masih dapat diakses dan disimpan di web.

Diantara bulan Februari hingga hari ini, Google membawa fitur Trash Folder ke dalam Google Contact, dimana ini akan memberikan waktu selama 30 hari untuk pengguna agar bisa memulihkan nomor telepon dan alamat e-mail sebelum menghilang selamanya.

Sayangnya, masih belum ada klarifikasi dari Google kapan fitur akan diumumkan secara resmi. Tetapi jika melihat temuan cached version dari situs dukungannya dari bulan Februari yang mencakup kontak yang telah dihapus dengan statusnya saat ini, bisa dibilang ini merupakan petunjuk akan hadirnya fitur Trash Folder ini.

Menghapus sebuah kontak maka kontak tersebut akan otomatis berpindah dari daftar utama ke Trash Folder di semua perangkat. Jika memang kamu tidak sengaja menghapus, atau mungkin ingin mengembalikan kontak tersebut pun bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Penting untuk dicatat, jika lebih dari 30 hari maka kontak itupun akan langsung hilang dari Trash Folder tersebut.

Oke, itu tadi berita tentang Google Contact, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ini ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.