Sebagai bentuk dorongan untuk meningkatkan pengalaman bermain game di Android 12, Google telah mengumkan fitur baru yaitu “Play as You Download”. Seperti namanya, fitur ini akan memungkinkan kamu untuk mulai bermain game di perangkat smartphone Android kamu saat game bahkan masih dalam keadaan download loh!.

Baca Juga:

Mulai Memainkan Game Besar Sebelum Unduhan Selesai

Bisa dibilang, fitur ini mirip dengan Google Play Instant, dimana kamu bisa langsung memainkan sebuah game atau aplikasi di perangkat Android tanpa menginstallnya terlebih dahulu. Namun, Google Play Instant hanya untuk aplikasi dan game yang berukuran kecil, sedangkan Play as You Download lebih ke games yang berukuran besar.

Perubahan ini telah dimumkan di Google for Games Developer Summit 2021, dimana fitur Play as You Download akan mendownload bagian core dari game tersebut terlebih dahulu dan kamu dapat langsung memainkan game secara instan. Kemudian, saat game dimuat, Google Play akan terus mengunduh aset penting di background agar pengalaman game kamu tidak akan terganggu.

Google Mengklaim fitur tersebut akan memungkinakn kamu untuk mulai memainkan game yang berukuran 400 MB keatas dalam hitungan detik saja bukannya kamu harus menunggu hingga unduhan dan pemasangan selesai. Hal ini ditujukan supaya player bisa langsung merasakan pengalaman bermain dan tidak lagi menunggu waktu download yang cenderung lama.

Sebenarnya, Google telah melihat sebuah kemungkinan bahwa game mampu terbuka setidaknya dua kali lebih cepat dalam sebuah pengujiannya, hal ini kemungkinan besar akan membawa experience pemakaian yang lebih baik daripada yang sebelumnya.

Fitur Play as You Download akan berfungsi dengan game yang menggunakan sistem Play Asset Delivery. Selain itu, para pengembang game yang menggunakan sistem ini, tidak perlu lagi membuat sebuah perubahan lain pada game untuk mendukung fitur ini. Jelas ini akan menghemat waktu dalam pengembangan sebuah game.

Selain itu, fitur Play as You Download adalah bagian dari Android 12, tetapi Google todak menjelaskan apakah fitur ini akan tersedia untuk semua perangkat Android yang menjalankan versi OS yang akan datang atau tidak.

Ukuran Game Akan Semakin Diperkecil

Google juga membuat sebuah perubahan Android dan Google Play lainnya untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik kepada pengguna Android. Ada sebuah format kompresi baru yang dapat mengurangai ukuran aset yang mengarah ke kompresi hingga 90 persen dalam ukuran pembaruan game. Selain itu, Google memulai debut API Play Integrity untuk memastikan bahwa pengguna telah menginstall game asli dari Play Store pada perangkat asli, hal ini ditujukan untuk meneka angka pembajakan. Pengembang juga dapat menjalankan sebuah campaign untuk game mendatang yang berguna untuk menarik lebih banyak minat player ke depannya.

Selama sesi tersebut, Greg Hartell selaku Direktur Manajemen Produk Google Play dan Android mengungkapkan bahwa Android sekarang berjalan lebih dari 3 miliar perangkat aktif bulanan. Google Play sendiri diakses oleh leboh dari 2,5 miliar pengguna bulanan yang secara kolektif mengunduh 140 miliar aplikasi dan game setiap bulannya. Angka yang sangat besar, dan pastinya dengan kebijakan ini, angka-angka tersebut akan terus melonjak tajam.

Oke, itu tadi berita seputar Android 12, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.