Salah satu game terlaris di platform PC dan iOS yaitu XCOM 2 Collection telah hadir di Android pada tanggal 13 Juli kemarin. Yang patut disorot dalam game ini adalah, empat pake DLC sudah termasuk di dalam game ini, selain itu game ini juga dibanderol dengan harga Rp. 479.000,00.

Baca Juga:

Mainkan XCOM 2 Collection Sekarang Juga

Akhirnya setelah penantian yang cukup panjang, Feral Interactive selaku developer dari XCOM 2 Collection telah merilis game ini di Android. Sepertinya, butuh waktu sekitar kurang lebih 8 bulan untuk Feral menyiapkan versi Android setelah sempat membuat gempar jagat gamers di platform iOS.

Ada sebuah perbedaan yang cukup mendasar pada game ini, dimana harga yang ditawarkan lebih mahal daripada yang ditawarkan di iOS. Pada versi Android, kamu harus merogoh kocek cukup dalam yaitu sekitar Rp. 479.000,00 pastinya untuk mendapatkan game ini, kamu harus menabung terlebih dahulu ya.

Selain itu, dukungan perangkat yang terbatas pada beberapa smartphone juga menjadi sebuah issue utama untuk game ini. Tidak hanya itu, game ini juga mempunyai package yang lengkap karena ketika kamu menginstall game XCOM 2 Collection ini kamu akan mendapatkan 4 DLC secara lengkap dengan satu harga tersebut.

Game ini dilengkapi user interface yang baru dan ketika kamu memainkan game ini, aku merekomendasikan kamu menggunakan layar sentuh saja karena dengan UI ini dibangun untuk mengakomodir touch interface. Cuma sayangnya UI dari game ini cukup berat bagi layar smartphone, jadi ada baiknya juga kamu memainkan game ini di tablet.

Sempat ada pembahasan sebelumnya bahwa game ini terbatas pada smartphone-smartphone tertentu, dan berikut ini adalah smartphone yang cocok dengan game ini. pertama ada ASUS ROG Phone II, Google Pixel 3/ 3XL/ 4/ 4XL, HTC U12+, OnePlus 6T /7 / 8/ 8T/ 9, Samsung Galaxy S9/ S10/ S10+/ S10e/ S20/ S21, Samsung Galaxy Note9/ Note10/ Note 10+/ Note20 5G, Samsung Galaxy Tab S6/ S7, Sony Xperia 1/ XZ2 Compact, Vivo NEX S, Xiaomi Mi 9, dan Xiaomi Pocophone F1.

Mengapa Game ini Dibatasi?

Melihat daftar smartphone yang bisa memainkan game ini dibatasi, tentu akan muncul sebuah pertanyaan besar mengapa game ini seperti dibatasi?. Masih belum ada tanggapan resmi dari Feral Interactive tentang hal itu, bahkan yang cukup kontroversi dimana ROG II bisa terpilih jika dibandingkan ROG 5, bisa disimpulkan ada sesuatu yang salah.

Kemungkinan smartphone yang tidak didukung masih dapat menjalankan game (terutama versi baru dan high-end), tetapi hal itu mungkin akan berdampak pada kontrol game yang buruk dan jelas akan mengganggu pengalaman bermain kamu. Terlebih lagi, resiko juga agak besar karena game ini juga bukan game murah.

Malah ada sebuah kontradiksi dengan apa yang dilakukan Feral yang selama ini melakukan pekerjaan yang memuaskan ketika porting game PC ke platform mobile. Ada dugaan kuat bahwa game ini terlalu terburu-buru untuk masuk ke ranah Android, terlebih lagi UI-nya kecil dan lebih ramah terhadap pengguna tablet.

Tetapi, terlepas dari apapun permasalahannya, game ini masih dalam taraf game baru pastinya akan ada perombakan seiring dengan update-update yang mereka keluarkan kedepannya.

Oke itu tadi berita seputar game Android XCOM 2 Collection, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Download XCOM 2 Collection

Sumber

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.