Rilis publik Android 12 dijadwalkan pada paruh kedua kuartal ketiga di tahun ini. Sebelum itu, Google telah merilis beta ketiga dari OS dengan set terakhir API serta fitur untuk pengembang dan penguji beta public. Selain itu, Android 12 beta terbaru juga memberikan kita gambaran tentang bagaimana Google akan membuat auto-rotate menjadi lebih cerdas dan lebih cepat.

Baca Juga:

Fitur Auto-Rotate di Android 12 Akan Menggunakan Front Camera

Smartphone Android, biasanya menggunakan akselerometer untuk menentukan posisi smartphone dan beralih dari mode landscape ke bentuk portrait. Meskipun ini berfungsi di banyak kasus, tetapi ada juga yang gagal terlebih lagi ketika sang pengguna dalam posisi berbaring di tempat tidur dan sedang menggunakan smartphone.

Akselerometer ini akan menentukan posisi smartphone kamu dalam posisi horizontal dan beralih ke mode landscape, meskipun idealnya harus tetap dalam mode portrait, inilah yang terkadang membuat para pengguna smartphone menjadi sedikit frustasi akan hal tersebut.

Hal inilah yang diperbaiki oleh Google dengan penerapan auto-rotate yang lebih cerdas di Android 12. Seperti yang dijelaskan oleh Dave Burke, selaku Wakil Presiden bidang teknik untuk Android, kamera depan di smartphone akan menentukan orientasi wajah pengguna dan kemudian memutuskan apakah orientasi tampilan perlu diubah atau tidak.

Sebenarnya Samsung sudah menerapakan teknologi ini meskipun dengan konsep yang berbeda. Samsung menggunakan kamera depan untuk menjaga tampilan tetap menyala saat kamu melihat smartphone. Nah, Google akan menggunakan pendekatan yang sama untuk memberikan pengguna yang lebih baik saat menggunakan auto-rotate.

Lalu Bagaimana Dengan Kecepatan Auto-Rotate dan Privasinya?

Untuk soal privasi, pengguna Android tidak perlu khawatir karena seluruh pemrosesan untuk fitur ini terjadi di Private Compute Core Android 12, sehingga foto tidak pernah dikirim ke server manapun atau disimpan di perangkat. Selain itu, Private Compute Core juga digunakan oleh Google untuk mendukung fitur Live Caption dan Smart Reply di Android 12.

Untuk memastikan bahwa semua pemrosesan ini tidak menunda auto-rotate yang sebenarnya, Google telah mengoptimalkan animasi dan menambahkan algoritma deteksi gerakan yang digerakkan oleh ML, segala jenis peningkatan ini akan mengurangi latensi rotasi otamatis sebesar 25 persen. Jelas ini akan membuat tampilan auto-rotate akan menjadi lebih cepat daripada sebelumnya.

Sebenarnya fitur ini tidaklah asing, Samsung juga sebenarnya telah memulai fitur serupa di Galaxy S3 pada tahun 2012 yang lalu dengan nama Smart Rotation. Namun fitur tersebut malah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, jadi tidak heran jika Samsung tidak lagi menggunakan fitur tersebut.

Oke itu tadi beberapa fitur yang diperkenalkan pada Android 12 yang akan datang, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.