Sudah sekitar lebih dari dua tahun sejak Google mengakui bahwa spam di Drive merupakan permasalahan yang sangat mengganggu. Banyak pengguna Drive yang menunggu adanya fitur ataupun tool agar spam-spam ini tidak mengganggu mereka lagi. Pada bulan Mei kemarin, Google sudah mengonfirmasi sebuah solusi yang memungkinkan untuk menyaring sebuah konten di dalam Drive, dan beberapa bulan kemudian solusi tersebut akan diterapkan ke dalam update Google Drive.

Baca Juga:

Update Keamanan pada Google Drive

Nantinya, Google akan membuat sebuah tool yang mempunyai kemampuan untuk berbagi file dan folder dengan cepat dan mudah di Google Drive, otomatis dengan alat ini akan menjadikan Google Drive salah satu aplikasi utilitas cloud storage terbaik saat ini. Tidak hanya itu, alat ini juga dapat menarik segala upaya spam dan phising.

Seperti yang dilansir situs workspace update, solusi yang ditawarkan Google ini memungkinkan siapa saja untuk memblokir akun lain dengan mengklik kanan pada file yang terdeteksi atau dicurigai sebuah spam dan memilih opsi “blokir”.

Pengguna yang telah diblokir tidak dapat berbagi item yang diunggah dengan kamu, dan Google Drive akan menyembunyikan konten apapun yang sebelumnya dikirim ke akun kamu. Ini juga akan berlaku dua arah, jika kamu sebelumnya telah membagikan konten dengan orang yang kamu blokir, maka orang tersebut tidak akan memiliki akses ke unggahan tersebut.

Cuma sayangnya ada bataasan untuk menggunakan alat baru ini. Kamu tidak akan dapat memblokir pengguna dari dalam domain kamu sendiri. Sayangnya, tidak ada cara untuk memblokir terlebih dahulu setelah kamu menerima pesan spam di akun kamu, dan tidak ada yang bisa menghentikan spammer karena mereka tetap bisa menggunakan alamat e-mail baru. Tetapi, yang penting dengan alat atau fitur ini kamu dapat membatasi orang yang berinteraksi dengan kamu melalui layanan atau aplikasi lain.

Google mengatakan bahwa fitur atau alat ini akan datang dalam waktu dua minggu mendatang, dan fitur akan langsung bisa dipakai oleh semua pengguna Google Drive di seluruh dunia baik di Workspace, Gsuite, ataupun akun personal.

Oke itu tadi berita seputar update dari Google Drive, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.