Sebuah kabar mengejutkan dimana game besutan Ubisoft yaitu Tom Clancy’s Elite Squad akan dihentikan. Mulai hari ini menjadi update terakhir bagi game tersebut dan kabarnya servernya akan ditutup pada 4 Oktober mendatang. Ubisoft mengatakan game ini tidak lagi berlanjut karena adanya berbagai masalah, salah satunya tidak menghasilkan keuntungan yang sepadan.

Baca Juga:

Berhentinya Pengembangan Tom Clancy’s Elite Squad

Ya, sangat besar kemungkinan bahwa ini ada hubungannya dengan mekanisme pay-to-win yang sangat berat terhadap game ini yang menjadikan game ini tidak diminati oleh para gamers, atau mungkin karena tawaran gacha yang tidak menarik sehingga penggunanya enggan untuk menghabiskan uang mereka.

Ini sebenarnya cukup ironis, dimana game ini masih belum berumur setahun sejak perilisian, inilah sebabnya ide pay-to-win dan free-to-play sebenarnya sangat berisiko, dan ini dibuktikan dengan jatuhnya game ini. Padahal Ubisoft merupakan salah satu developer yang besar, pastinya mereka bisa mengantisipasi atau sekedar meminimalisir kegagalan dari suatu game.

Kamu bisa membaca pernyataan Ubisoft di atas ini. Mereka mengucapkan terima kasih pada penggemar yang telah memainkan game Tom Clancy’s Elite Squad. Kurang lebih, Ubisoft mengatakan bahwa game ini tidak akan berlanjut meskipun usianya masih belum setahun penuh.

Sementara game Tom Clancy’s Elite Squad tetap bisa dimainkan hingga tanggal 4 Oktober, mungkin ada baiknya jika kamu mempunyai uang di dalam game tersebut, kamu bisa menghabiskannya terlebih dahulu, sebelum game ini akan ditutup seluruhnya.

Seperti yang dibahas sebelumnya, jika game free-to-play kebanyakan adalah sebuah game investasi yang merujuk pada pay-to-win karena menginvestasikan waktu dan uang yang sangat agresif bagi konsumen, patutnya ini juga menjadi pelajaran bagi produsen game yang lain.

Oke, itu tadi berita seputar game Tom Clancy’s Elite Squad, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.