Seperti yang kita tahu, Google telah mengumumkan tindakan merger antara Wear OS dan juga Tizen pada I/O conference tahun lalu. Semenjak itu, Google sedikit memperlambat membagikan detail-detail terkait update Wear OS selanjutnya. Nah, kali ini mereka telah memberikan sebuah informasi detail terkait update Wear OS yang nantinya akan dikenalkan sebagai Wear OS 3.

Baca Juga:

Wear OS 3 Akan Menjadi Pembaruan Berikutnya

Seperti yang dilansir dari Google Support Forum, perwakilan dari Google mengatakan bahwa pembaran sistem untuk Wear OS 3 akan membawa manfaat dan pastinya akan menambah banyak pengalaman baru. Akan tetapi, dalam beberapa kasus update ini akan memengaruhi pengalaman pengguna secara negatif karena dampaknya akan terasa pada kinerja maupun masa pakai baterai.

Selain itu, update ini juga mengharuskan pengguna untuk me-reset smartwatches mereka selama proses instalasi, meskipun sebenarnya ini bukan permasalahan yang besar bagi sebagian besar pengguna. Masalah terbesar dari Wear OS 3 ini adalah tidak semua perangkat smartwatches mampu menjalankan OS ini, jadi oleh sebab itu Google memberikan beberapa perangkat smartwatches yang direkomendasikan untuk Wear OS ini.

Wear OS 3 Hanya Hadir Untuk Beberapa Varian Smartwatches

Sayangnya, daftar smartwatches yang kompatibel dengan Wear OS 3 tidaklah diberikan secara detail dan menyeluruh, hanya dua smartwatches yang untuk sekarang bisa dipastikan kompatibel dengan Wear OS 3 yaitu Mobvoi TicWatch Pro 3 dan juga TicWatch E3.

Selain itu, Google menambahkan bahwa smartwatches tersebut akan mendapatkan pembaruan Wear OS 3 pada paruh kedua tahun 2022, jadi mereka akan menunggu lebih dari satu tahun untuk pembaruan yang mungkin juga akan menyebabkan beberapa masalah kinerja dan pengalaman pengguna.

Sedangkan Samsung dan Fossil rencananya akan merilis Wear OS baru pada tahun ini kemungkinan besar akan mengalami penundaan, pastinya ini akan membuat penggunanya akan sedikit frustasi.

Belum Ada Update Untuk Fossil Ataupun Samsung

Semua smartwatches yang menggunakan Wear OS baik Fossil, Oppo, dan Mobvoi belum akan mendapatkan pembaruan, dan Google menyatakan bahwa semua smartwatches dari manufaktur-manufaktur tersebut akan mendapatkan update dalam beberapa waktu ke depan (masih belum diketahui kapan tepatnya).

Sedangkan smartwatches yang menggunakan Tizen seperti Samsung termasuk Galaxy Watch 4, tidak akan mendapatkan update Wear OS 3. Sudah bisa dipastikan bahwa Wear OS 3 hanya untuk smartwatches yang memakai Qualcomm Wear 4100.

Sedangkan untuk semua smartwatches yang tidak mendapatkan update Wear OS 3, Google menjanjikan setidaknya pembaruan keamanan selama dua tahun sejak tanggal peluncuran. Hal ini ditujukan agar bisa tetap menghadirkan pengalaman aplikasi baru ke perangkat smartwatches.

Oke itu tadi berita seputar update Wear OS 3, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.