Sepertinya, tahun 2021 ini memang menjadi tahun paling sibuk bagi tim pengembang sosial media Twitter. Kali ini, mereka sedang bekerja untuk mengembangkan fitur baru yang bertujuan untuk membantu menentukan reply yang relevan dan tidak relevan ketika diskusi online.

Baca Juga:

Twitter Mengadapatasi Fitur ini dari Reddit?

Fitur baru ini adalah fitur Upvotes dan Downvotes yang akan disematkan reply tweet. Twitter sendiri telah mengumumkan bahwa mereka telah memulai sebuah penelitian kecil untuk mengetahui titik potensial dan pengalaman fitur yang akan datang ini.

Jika kamu pernah atau sering menggunakan Reddit, pastinya tidak akan asing dengan fitur Upvotes dan Downvotes ini. Idenya adalah, kamu dapat upvote tweet yang kamu suka atau setuju dengan tweet tersebut, sebaliknya kamu juga bisa downvote tweet yang tidak kamu suka atau berlawanan dengan opini kamu.

Nantinya, hanya kamu saja yang dapat melihat downvotes, sementara upvotes yang telah kamu berikan akan berkontribusi pada jumlah like atau suka dari tweet tersebut. Twitter menambahkan bahwa opsi downvote bukanlah semacam tombol dislike, akan tetapi fitur downvote itu akan memberi tahu Twitter bahwa balasan yang telah di downvote tersebut tidak relevan dengan percakapan.

Selain itu, sebuah votes tidak akan mengubah urutan reply yang ditampilkan di dalam aplikasi. Kamu mungkin akan menemukan bahwa interaksi kamu dan pengguna lain akan memiliki ikon yang berbeda untuk tombol upvote dan downvote.

Bagi sebagian orang, ikon upvote dan downvote akan muncul dengan panah atas dan bawah yang diapit oleh lingkaran. Sedangkan pengguna lain muncul dengan ikon berbentuk jempol ke atas dan jempol ke bawah. Mungkin ini hanya tes visual untuk desain UI, terlepas dari ikon yang berbeda fitur ini tetap bekerja dengan cara yang sama.

Respon Pengguna Terhadap Fitur Upvote dan Downvote

Usulan Twitter dalam pembuatan fitur Upvote dan Downvote ini mendapatkan sejumlah kritik negatif dari para penggunanya. Alasan dari kritik tersebut adalah bahwa fitur baru tersebut akan memungkinkan para pengguna yang penuh kebencian akan melecehkan orang lain secara anonim, dan ini merupakan alasan yang sangat masuk akal.

Bagi kamu yang seringkali memakai sosial media Twitter, memang Twitter telah memiliki reputasi buruk karena dengan mudah menyembunyikan identitas kamu di balik nama pengguna. Memang merubah sebuah nama profile di Twitter sangat mudah, jadi ini akan memudahkan para hateful user untuk menyerang. Jika fitur ini memang akan dimasukkan di platform, maka hate speech secara anonim akan semakin menjadi-jadi.

Para pengguna Twitter juga memberi saran fitur apa yang sebenarnya harus ditambahkan, seperti contohnya galeri tweet untuk artis/fotografer, atau tombol edit yang pernah mengemuka beberapa waktu yang lalu, akan tetapi fitur-fitur ini malah mendapatkan penolakan dari CEO Twitter Jack Dorsey.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Twitter, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.