Microsof akhirnya menghadirkan salah satu fitur produktifitas crossover yang paling banyak diminta antara Windows dan Android yaitu Cloud Clipboard. Jadi dengan fitur ini kamu tidak perlu lagi copy/paste sebuah teks antara aplikasi chat favorit kamu dan aplikasi dokumen kerja kamu. Sebagai gantinya, clipboard cloud akan merekam input Android kamu dan memungkinkan kamu untuk menyalinnya ke perangkat Windows.

Baca Juga:

SwiftKey Beta Terbaru Mampu Mengaktifkan Cloud Clipboard

Pada Windows 10 sudah lama memiliki opsi cloud clipboard. Setelah diaktifkan, kamu dapat membagikan clipboard Windows 10 kamu di seluruh perangkat Windows 10 yang terhubung, lalu kamu bisa membagikan cuplikan dan file yang disalin antar perangkat dengan sangat mudah dan smooth.

Cuma sayangnya, opsi ini tidak bekerja antara perangkat Android dan Windows 10. Akan tetapi hal itu sekarang bisa diakali karena aplikasi SwiftKey Beta yang terbaru telah menghadirkan fitur yang telah ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna setelah spekulasi selama lebih dari berbulan-bulan.

Tentu, berbagi konten yang disalin antara perangkat kamu tidak terlalu sulit, terutama dengan berbagai aplikasi obrolan dan alat penyimpanan cloud yang digunakan kebanyakan orang setiap harinya. Tetapi apapun yang membuat prosesnya menjadi lebih mudah dan lebih cepat adalah sebuah tambahan yang bakalan disambut baik.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah fitur cloud clipboard tidak akan menyimpan banyak informasi. Menurut update page dari SwiftKey, fitur Cloud Clipboard hanya akan menyimpan klip terakhir yang telah disalin, lalu jika klip tersebut tidak disimpan selama satu jam, maka klip tersebut akan otomatis terhapus.

Jika misalnya kamu bekerja di perangkat secara bersamaan, mungkin hal ini bukanlah sebuah masalah yang besar. Tetapi jika kamu berencana membuat klip cloud untuk digunakan nanti, kamu harus mempertimbangkan opsi ini sebagai alternatif.

Bagaimana Cara Menggunakan Cloud Clipboard di SwiftKey Beta Android?

Pertama-tama kamu harus menginstall SwiftKey for Android terlebih dahulu, setelah terinstall kamu bisa masuk ke menu Rich input > Clipboard. Tap opsi Sync clipboard history to the cloud. Terakhir, kamu bisa masuk akun Microsoft kamu.

Fitur Cloud Clipboard adalah sebuah tambahan yang pasti akan disambut baik, entah untuk Android ataupun Windows 10. Tetapi jika memang kamu seringkali berbagi informasi, opsi berbagi data cloud aplikasi lain mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Oke itu tadi berita seputar Microsoft dan Swiftkey, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.