Untuk pertama kalinya, Xiaomi akhirnya melampaui penjualan Samsung dan Apple. Data yang dibagikan oleh Counterpoint Research menunjukkan bahwa Xiaomi mengontrol 17,1% marketshare dan menjadi nomor satu di dunia. Samsung jatuh ke peringkat kedua dengan pasar 15,7%, diikuti oleh Apple 14,3%.

Analis dari Counterpont, Varun Mishra, mengatakan penurunan penjualan Samsung disebabkan oleh gelombang pandemi Covid-19 yang sedang menyerang Vietnam. Vietnam sendiri adalah kunci produksi dari Samsung, hal ini menyebabkan Samsung mengalami kekurangan stok karena distribusinya terganggu.

Disisi lain, Xiaomi menikmati penjualan yang meroket selama festival belanja 618 di China. Produk Xiaomi mengisi kekosongan pasar mid-end yang ditinggal Samsung karena kekurangan stok. Xiaomi juga memanfaatkan situasi karena Huawei masih belum bangkit sejak masalahnya dengan Amerika.

via Reuters

Berita ini juga sedang panas karena saat ini penjualan Samsung juga sedang buruk-buruknya karena lini flagship mereka, Galaxy S21, gagal bersaing dan bahkan kalah dengan penjualan Galaxy S20 di tahun sebelumnya. (Baca Juga: Penjualan Samsung Turun, Galaxy S21 Lebih Parah daripada S20)

Namun pengguna Xiaomi juga tidak boleh jumawa dahulu, yang perlu diperhatikan adalah grafik dari Apple. Meskipun penjualannya menurun, grafik Apple selalu kembali melonjak di akhir tahun. Hal tersebut dikarenakan pada bulan-bulan ini, banyak orang memilih tidak membeli iPhone karena menunggu iPhone seri terbaru yang biasanya dikenalkan pada bulan Oktober.

via Apple

Selain itu dari segi laba, Apple masih peringkat pertama. Apple mendapatkan penghasilan 274, 515 milyar dollar atau sekitar 3,9 kuadriliun rupiah dan laba bersih 7,411 milyar dollar, sekitar 823 triliun rupiah. Angka yang sangat fantastis. Mimpi dari semua perusahaan smartphone dunia.

Untuk saat ini, selamat pada Xiaomi yang mampu mengambil alih mahkota Samsung sebagai penguasa pasar smartphone dunia! Bagaimana menurutmu? Jangan lupa bagikan pendapatmu disini ya!

via Neowin

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.