Tidak bisa dipungkiri seiring waktu kemajuan teknologi semakin lama semakin berkembang, bahkan Android sedang mengembangkan sebuah aksesbilitas yang memungkinkan kita mengontrol smartphone Android menggunakan wajah kita loh. Suite Aksesbilitas Android bisa dibilang adalah kumpulan aksesbilitas resmi untuk perangkat Android. Sekarang, Google sedang membuat versi beta terbaru dari aplikasi ini dengan menyertakan fitur yang memungkinkan kamu untuk mengontrol perangkat Android dengan ekspresi wajah.

Baca Juga:

Android Accessibility Suite Beta Sudah Ditanamkan Fitur Facial Control

Seperti yang dilansir dari XDA Developers, Google sedang mengerjakan fitur terbaru pada Android Accessibility Suite yang memungkinkan kamu untuk mengontrol smartphone dengan menggunakan ekspresi wajah atau facial expressions. Fitur baru ini dijuluki Camera Switch, dan kemungkinan besar akan disertakan pada aplikasi Android Accessibility Suite versi 12 beta.

Dalam artikel tersebut, XDA Developers menjelaskan bahwa pengguna dapat menggunakan ekspresi wajah untuk mengakses sejumlah kontrol untuk perangkat milik mereka. Kontrol ini termasuk penekanan pada scrolling button, dan melihat pemberitahuan, yang jelas fitur ini masih belum lengkap. Tetapi permasalahannya adalah, ekspresi wajah masih bervariasi dalam kompleksitas, dari hanya melihat keatas atau kebawah hingga tersenyum atau mengerutkan kening.

Sementara itu, beta baru dari aplikasi ini akan dirili bersamaan dengan Android 12 beta, XDA Developers juga menjelaskan bahwa versi beta ini juga kemungkinan besar masih kompatibel dengan Android 11. Jadi, sepertinya semua pengguna Android akan dapat memanfaatkan fitur aksesbilitas terbaru ini.

Tetapi perlu dicatat bahwa fitur ini hanya akan muncul dalam versi beta Accessibility Suite. Seperti semua versi beta, Google masih bisa mengubah fitur secara lebih lanjut sebelum fitur ini diperkenalkan secara resmi ke publik, atau bahkan mereka menghapusnya sama sekali. Meskipun begitu, tentu ini merupakan update yang menjanjikan untuk bisa mencicipi fitur ini meskipun hanya dalam versi beta-nya saja.

Bagaimana Cara Kerja dari Camera Switch ini?

https://twitter.com/techworld005/status/1427107698202484737

Karena Camera Switch ini masih dalam versi beta, tentu ini masih belum tersedia secara umum. Ditambah lagi kamu tidak akan dapat mencoba fitur aksesbilitas baru kecuali kamu mendaftar untuk versi beta atau melakukan sideload APK.

Tetapi jangan khawatir karena ada beberapa screenshot dari aplikasi tersebut yang mungkin akan memberikan beberapa wawasan tentang cara kerja fitur baru itu. Pengguna akan dapat mengontrol fitur Camera Switch dari sebuah halaman khusus dalam aplikasi Accessibility Suite.

Nampaknya pengguna akan bisa mengubah pengaturan untuk setiap ekspresi wajah yang dibuat, mengubah sensitivitas untuk mengenali ekspresi, dan mengaktifkan sejumlah fitur lainnya. Selain itu, fitur Camera Switch ini kemungkinan besar akan membuat daya baterai semakin boros, dan perlu diingat bahwa fitur ini tidak boleh berjalan dengan waktu yang lama.

Android Membuat Kontrol Semakin Mudah Untuk Diakses

Android memang sering menanamkan berbagai fitur tertentu yang bertujuan untuk memudahkan kontrol akses bagi mereka yang mungkin kesulitan dengan touch kontrol. Hampir semua kontrol telah diperkenalkan, mulai dari kontrol suara, gerakan, hinggan ketukan telah dicoba oleh Android dan hal ini dimaksudkan untuk membuat Android lebih mudah diakses. Tentunya dengan fitur ini, akan membuat kontrol aksesbilitas di Android akan semakin banyak dan mudah.

Oke, itu tadi berita seputar Android Control Accessibility, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.