Sekolah secara daring atau online memang menjadi solusi ditengah pandemi yang berkepanjangan ini. Banyak orang sedikit meragukan keberhasilan dari sekolah online ini dan tentu saja Zoom menyadari hal tersebut. Raksasa video call yang berasal dari San Jose California ini tengah mempersiapkan beberapa fitur baru dan salah satunya adalah Focus mode. Dengan fitur ini akan menghentikan para siswa untuk saling mengganggu ketika panggilan berlangsung, tentu ini adalah sebuah update yang sangat penting.

Baca Juga:

Zoom Akan Memperkenalkan Fitur Focus Mode yang Baru

Seperti yang dilansir dari blog resmi dari Zoom, mereka menyebutkan bahwa fitur ini tidak lama lagi akan hadir di versi terbaru dari Zoom. Dengan fitur baru ini, siswa tidak akan dapat mengganggu perhatian siswa lain selama panggilan berlangsung.

Zoom juga menjelaskan bahwa fitur tersebut memungkinkan guru untuk mengawasi kelas online mereka, dan menghentikan siswa mengganggu rekan mereka. Jelas ini adalah sebuah solusi terbaik bagi para guru yang seringkali kerepotan akan hal ini. Zoom juga berharap fitur ini akan membuat siswa yang mengganggu tersebut merasa malu untuk menyalakan kamera mereka.

Bahkan, fitur focus mode ini akan hadir di semua versi zoom, baik yang berbayar maupun versi gratisnya, tentu saja ini sebuah langkah yang bijak karena tidak semua orang bisa meningkatkan aplikasi Zoomnya ke tingkat berbayar. Cuma, fitur ini tidak otomatis menyala, focus mode ini perlu diaktifkan terlebih dahulu sebelum dapat digunakan.

Bagaimana Cara Menggunakan Focus Mode di Zoom?

Ketika Focus Mode diaktifkan, para siswa hanya akan melihat guru mereka saja, dan tidak akan dapat melihat siswa lainnya. Sedangkan sang guru, dapat melihat para muridnya seperti layaknya Zoom biasa, jadi bisa dibilang tampilan berubah hanya dari sudut pandang murid saja.

Sang siswa juga dapat melihat video mereka sendiri seperti layaknya panggilan biasa. Bagi para siswa yang lainnya, mereka hanya akan melihat nama-nama teman sekelasnya. Mereka juga masih dapat melihat reaksi atau mengangkat tangan selama panggilan berlangsung.

Untuk mengaktifkan Focus Mode ini, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di akun kamu. Kamu masuk ke menu settings, lalu masuk ke seksi Meetings, selanjutnya ketika kamu memulai panggilan, kamu bisa langsung mengaktifkan fitur tersebut dari menu More.

Zoom Meningkatkan Pengalaman Panggilan Belajar-Mengajar

Siapapun yang sering menggunakan Zoom mungkin akan melihat bahwa Focus Mode ini mirip dengan mode Webinar. Daripada webinar biasa, siswa akan tetap dapat berinteraksi dengan panggilan grup hanya saja video tidak akan muncul. Dengan fitur baru ini kita akan melihat pendekatan baru untuk seksi belajar-mengajar. Ini akan sangat membantu para guru untuk mengajar ketika kelas online berlangsung.

Oke, itu berita seputar gugatan Zoom, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ini ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.