Kabar sedikit tidak menyenangkan datang dari aplikasi entertainment Netflix yang sepertinya akan meningkatkan upaya pemblokiran VPN terhadap konten-kontennya. Memang bertujuan untuk menargetkan pengguna yang mengakses konten yang telah diblokir secara geografis menggunakan layanan VPN. Tentu saja ini kebijakan akan menjadi perdebatan baru bagi para pengguna Netflix.

Baca Juga:

Netflix Membatasi Kontennya Bagi Para Penyedia VPN

Sudah bukan sebuah rahasia umum jika Netflix memiliki sebuah permasalahan dengan para pengguna VPN yang berusaha melewati batasan-batasan yang telah ditetapkan oleh Netflix. Hal itu terbukti benar dimana baik layanan VPN dan para pengguna VPN bisa tetap menikmati konten Netflix tanpa ada masalah meskipun telah diberikan berbagai pembatasan.

Hal inilah yang mengakibatkan Netflix mendapatkan banyak keluhan dari pemegang hak cipta atas pengguna yang mengakses konten wilayah yang tidak berlisensi. Permasalahan Netflix sendiri ada dua, pertama pengguna menghindari pembatasan geografis untuk mengakses konten yang tersedia di negara lain, biasanya mereka mengakses Netflix versi Amerika Serikat atau Inggris.

Kedua adalah untuk melakukan geoblocking VPN bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Netflix tidak bisa begitu saja mematikan hal tersebut. Jika mereka langsung mengaktifkan pemblokiran VPN tambahan malah akan menjadi bumerang bagi mereka sendiri. Pernah ada peristiwa Netflix mematikan layanan VPN malah membuat para pengguna tiba-tiba dilarang melihat konten apapun di negara manapun, hal inilah yang membuat mereka sedikit menghadapi dilema.

Lalu Bagaimana Netflix Memblokir Layanan VPN?

Meskipun Netflix belum memberikan rincian bagaimana tepatnya mereka akan melakukan pemblokiran, tetapi ada beberapa spekulasi yang beredar tentang cara-cara Netflix akan memblokir para pengguna VPN yang mengakses konten yang dibatasi secara geografis.

Untuk sekarang ini, diperkirakan bahwa beberapa layanan VPN mengguakan alamat IP perumahan biasa untuk menutupi layanan mereka. Karena jika berasal dari rentang IP perumahan maka jauh lebih kecil kemungkinannya mereka akan terdeteksi pembatasan layanan VPN, dan dengan demikian akan memungkinan layanan VPN untuk terus mengakses Netflix tanpa batas.

Nah, rupanya Netflix akan melarang banyak rentang IP address dari perumahan-perumahan tersebut, itulah sebabnya begitu banyak pengguna non-VPN mendapati akun mereka terpengaruh oleh pembatasan VPN dari Netflix.

Bisakah Netflix Menghentikan Hal ini?

Masalah lain yang harus dihadapi Netflix adalah peran dari VPN itu sendiri. Penyedia VPN tidak memiliki masalah dengan para penggunanya yang mengakses Netflix untuk melihat konten yang dibatasi secara geografis. Faktanya, ini adalah nilai jual yang sangat besar bagi layanan VPN, terutama apabila mereka menggemborkan dapat memberikan akses yang cepat, amat, dan stabil.

Ada sebuah laporan dari TorrentFreak layanan VPN seperti CyberGhost dan Private Internet Access bisa menemukan celah untuk mengatasi segala bentuk pemblokiran VPN Netflix yang baru. Tentu saja, kamu akan berharap bahwa provider VPN lain juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengatasi hal tersebut. Jadi bisa dibilang agak sulit jika memang Netflix ingin membatasi kontennya untuk para pengguna VPN.

Itu tadi berita seputar Netflix, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ini ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.