Kabar terbaru datang dari Facebook yang akhirnya masuk ke ranah enkripsi end-to-end di dalam layanannya baik di Messenger maupun Direct Message di Instagram. Dengan aktifnya fitur ini, akan memungkinkan para pengguna untuk berkomunikasi secara lebih aman, baik melalui panggilan maupun dalam chat atau pesan teks.

Baca Juga:

Facebook Membawa Layanan Enkripsi End-to-End Encryption Ke Lebih Banyak Layanan

Seperti yang dilansir dari Messenger News, mereka mengungkapkan bahwa Facebook menambah keamanan di Messenger dan Instagram. Facebook sebenarnya sudah mulai menawarkan pesan yang di enkripsi di Messengger pada tahun 2016, dan sekarang fitur yang sama “ditanam” untuk voice dan panggilan telepon video.

Facebook menyatakan bahwa dengan adanya enkripsi end-to-end ini berarti tidak akan ada orang lain termasuk Facebook yang dapat melihat atau mendengarkan apa yang dikirim atau dikatakan dalam sebuah panggilan atau pesan. Enkripsi jenis ini memang diterapkan untuk mencegah orang ketiga mendengarkan panggilan telepon dan pesan, jelas ini akan menjaga percakapan antar sesama pengguna menjadi lebih privat.

Selain itu, Facebook juga mengumumkan bahwa mereka sedang menguji enkripsi di obrolan maupun panggilan grup di Messengger. Hal ini ditujukan untuk memperluas inisiatif ke Instagram, dimana mereka menguji enkripsi end-to-end untuk Direct Message. Facebook mengatakan bahwa tes akan “limited” dan hanya akan berhubungan dengan percakapan one-on-one dalam satu platform.

Sayangnya, pembaruan ini tidak mengaktifkan enkripsi end-to-end secara default, jadi kamu harus mengaktifkan pengaturan untuk panggilan dan SMS. Halaman privasi Messenger juga menyatakan bahwa aplikasi akan terenkripsi end-to-end secara default tetapi tidak dalam waktu dekat.

Selain memperluas enkripsi end-to-end, Facebook juga mengatakan bahwa hal tersebut akan memberi pengguna lebih banyak kendali atas pesan mereka yang hilang. Pengguna dalam obrolan juga dapat memilih rentang waktu yang lebih luas mengenao berapa lama pesan baru akan menghilang. Nantinya kamu dapat memilih mana saja antara 5 hingga 24 detik.

Facebook Beradaptasi Dengan Tumbuhnya Kesadara Keamanan Pengguna

Banyak aplikasi chat seperti Signal, Telegram, WhatsApp yang sudah menggunakan enkripsi end-to-end. Semakin kesini, banyak pengguna yang memprioritaskan keamanan chat mereka, dan itu berarti pilihan keamanan yang maksimal menjadi sebuah pilihan terbaik bagi para pengguna.

Untuk kasus WhatsApp misalnya, meskipun mereka sudah menawarkan enkripsi end-to-end, akan tetapi tidak serta-merta membuat mereka terbebas dari masalah. Facebook membuat sebuah blunder dimana mereka menyertakan sebuah kebijakan baru yang meminta para pengguna WhatsApp untuk berbagi data dengan Facebook.

Jelas ini makin memperkeruh suasana dimana Facebook mempunyai reputasi yang sangat tidak baik jika menyangkut keamanan data. Tentu saja enkripsi end-to-end jelas tidak mempunyai banyak pengaruh terhadap hal tersebut. Hal inilah yang mungkin harus diperhatikan oleh Messenger dan Instagram dimana mereka juga anak perusahaan dari Facebook.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Facebook, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.