Kabar terbaru datang dari sosial media Facebook yang resmi mengenalkan fitur audio-only milik mereka yaitu Rooms. Tentu saja, bisa ditebak mengapa Facebook mengeluarkan fitur audio-only ini, kesuksesan besar dari Clubhouse dan Twitter Spaces rasanya membuat mereka “gatal” untuk masuk ranah audio-only.

Baca Juga:

Fitur Live Audio Rooms Sudah Hadir, Tetapi Belum Dirilis Secara Global

Untuk sementara fitur Live Audio Rooms ini memang sudah hadir di Facebook untuk semua platform, tetapi fitur ini pun masih terbatas di region Amerika saja, dan tentunya negara di luar Amerika masih belum bisa menikmati fitur tersebut.

Seperti yang dilansir dari about FB, Facebook mengatakan bahwa fitur Live Audio Rooms ini hanya tersedia bagi user dan grup Facebook terpilih di Amerika, sedangkan podcast tertentu akan tersedia untuk para pendengar di Amerika.

Dalam beberapa minggu mendatang, Facebook akan memperluas kemampuan untuk lebih banyak tokoh publik dan grup untuk menyelenggarakan Live Audio Rooms. Selain itu Facebook juga akan memperkenalkan fitur baru lagi untuk menambah pengalaman Live Audio Rooms pada beberapa bulan mendatang.

Jika dilihat dari User Interfacenya, tampilan Live Audio Rooms sangat mirip dengan Clubhouse, lengkap dengan highlight speaker dan barisan depan pendengar (versi berbayar) yang akan terlihat ke semua orang. Tidak hanya itu, ada juga opsi untuk mengirim emoji, mengangkat tangan, bergabung dalam diskusi, dan berbagi percakapan dengan orang lain.

Para konten kreator juga bisa memonetisasi diskusi melalui fitur yang disebut Stars Emoji, terkait fitur ini memang telah dijelaskan dalam video siaran langsung yang dikeluarkan oleh Facebook.

Mengulik Dalaman Live Audio Rooms milik Facebook

Pada fitur Live Audio Rooms milik Facebook ini, para pendengar tidak akan dibatasi jumlah, sedangkan bagi para speakers maksimal akan berjumlah 50 orang. Dalam sebuah grup, admin dapat memutuskan siapa yang akan menjadi moderator, grup member, atau bahkan memilih siapa admin yang membuat Live Audio Rooms. Sementara itu, semua orang dapat mendengarkan pembicaraan di grup publik, sedangkan grup pribadi hanya mengizinkan anggota untuk mendengarkan saja.

Para member Facebook akan dapat mengikuti sebuah rooms dari news feed dan lewat notifikasi baik di Android maupun di iOS. Kamu juga bisa mendaftar atau sign up untuk mendapatkan sebuah notification saat Live Audio Rooms terjadwal ditayangkan.

Lantas bagaimana pendapat kamu tentang fitur Live Audio Rooms dari Facebook ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.