Akhirnya WhatsApp membawa salah satu fitur yang paling banyak di-request oleh sebagian besar penggunanya yaitu kemudahan transfer chat antara iPhone dan perangkat Android. Pada awalnya, trasfer tool ini hanya akan tersedia di perangkat Samsung tetapi diperluas ke perangkat Android lainnya dalam beberapa minggu atau beberapa bulan kedepan.

Baca Juga:

Migrasi Chat Antara iPhone dan Android Semakin Mudah

Saat ini, WhatsApp hanya memungkinkan kamu untuk mentransfer riwaya obrolan antar perangkat yang menjalankan OS yang sama. Di Android, cadangan obrolan WhatsApp disimpan di dalam Google Drive, sedangkan di iPhone, cadangan obrolan masuk iCloud.

WhatsApp mengumumkan fitur transfer obrolan antara iOS dan Android di acara Samsung Galaxy Unpacked, dimana acara tersebut memperkenalkan varian smartphone baru yaitu Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip 3, dan Galaxy Buds 2. Selain chat, voice notes, foto, dan media lainnya, file pun juga bisa dimigrasikan sebagai bagian dari proses transfer.

Sayangnya, proses transfer tidak terjadi melalui cloud, tetapi sebagai gantinya kamu memerlukan kabel lightning ke USB-C untuk mentrasfer riwayat obrolan WhatsApp kamu dari iPhone ke Android. Selain itu, jika kamu memiliki cadangan obrolan di iCloud maupun Google Drive, WhatsApp tidak akan menggabungkannya. Sebaliknya, itu akan menimpa backup yang ada selama proses migrasi obrolan berlangsung.

Seperti laporan dari TechCrunch, WhatsApp mengatakan bahwa implementasi proses transfer chat sangatlah susah apalagi WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end. Jadi, dengan demikian tool migrasi akan memerlukan kerja tambahan dan upaya kolaboratif dari WhatsApp, manufaktur smartphone, dan pihak lain yang terlibat.

Awalnya Hanya Untuk Smartphone Samsung Foldable Saja

Selama beberapa minggu terakhir, fitur migrasi chat WhatsApp akan tersedia secara eksklusif di Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3. Kemudian akan diperluas ke perangkat diperluas ke smartphone Samsung lain yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi sebelum akhirnya tersedia untuk semua perangkat Android. Pada perangkat Samsung, alat ini akan diintegrasikan ke dalam Smart Switch, alat transfer data milik Samsung.

Samsung tidak menggabungkan kabel USB-C ke lightning yang diperlukan di dalam Galaxy Z Fold 3 atau Flip 3, jadi kamu harus membelinya secara terpisah. Atau, jika kamu beralih dari iPhone 12 ke Foldable terbaru dari Samsung maka kamu akan beruntung karena Apple menggabungkan kabel USB-C ke lightning. Selain itu, penting untuk diingat bahwa tool migrasi ini kemungkinan juga akan hadir di semua smartphone Android, cuma masih belum diketahui kapan tepatnya fitur ini hadir di semua platform smartphone Android.

Oke, itu tadi berita seputar aplikasi WhatsApp, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.