Kabar terbaru datang dari sosial media Twitter yang sedang mengetes sebuah opsi fitur flag terbaru mereka. Sudah bukan rahasia lagi jika media sosial bertanggung jawab atas penyebaran informasi yang menyesatkan belakangan ini. Untuk mengatasi hal ini, Twitter sedang menguji sebuuah opsi baru yang memungkinkan pengguna melaporkan tweet yang mengarah pada “misleading” atau penyesatan.

Baca Juga:

Twitter Menguji Opsi Report Tweet yang Mengandung Misleading

Seperti yang diumumkan Twitter Safety di dalam sebuah cuitan di Twitter, Platform sosial media ini sedang menguji sebuah opsi baru yang memungkinkan pengguna untuk melaporkan tweet yang terindikasi menyesatkan. Saat ini, Twitter sudah memiliki sebuah label informasi yang bisa ditampilkan di tweet, akan tetapi opsi baru yang sedang dites ini akan memperkenalkan pelaporan pengguna.

Dalam tweet tersebut, Twitter menjelaskan bahwa mereka sedang menguji fitur tersebut hanya di beberapa negara saja, seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Australia ditambah lagi tes tersebut pun terbatas untuk beberapa user saja. Meskipun Twitter belum terlalu spesifik dalam menjelaskan detail terkait fitur flag baru ini, pemilihan pengguna kemungkinan besar akan acak sama seperti tiap kali Twitter menguji sebuah fitur baru.

Nah, dengan opsi baru ini, pengguna sekarang dapat melaporkan tweet yang menyesatkan dengan opsi untuk berbagai jenis tweet termasuk terkait dengan politik dan Covid-19. Sejauh ini, Twitter belum menjelaskan apa yang akan terjadi setelah pengguna melaporkan sebuah tweet. Twitter memang menyebutkan bahwa pengguna seharusnya tidak mengharapkan sebuah tanggapan terhadap setiap laporan, melainkan langkah ini akan mengidetifikasi sebuah tren. Bisa disimpulkan, fitur opsi flag ini rasanya sama dengan opsi pelaporan Twitter pada umumnya.

Tetapi tentu saja, karena fitur ini masih dalam tahap testing dan belum diperkenalkan secara resmi ke publik, maka masih belum ada garansi bahwa fitur ini akan diberlakukan di aplikasi Twitter reguler. Mungkin saja, Twitter akan membuat sebuah perbaikan di sejumlah lini pada fitur ini, atau bahkan mungkin Twitter tidak akan menyertakan sama sekali fitur ini pada update-update Twitter selanjutnya.

Lalu Bagaimana Cara Melaporkan Tweet Dengan Konten yang Menyesatkan?

Kalau kamu pengguna Twitter yang aktif, maka kamu pasti tahu bagaimana cara melaporkan tweet yang menyesatkan. Jadi, kita tidak perlu lagi mencari-cari menu untuk melaporkan tweet tersebut karena langkah-langkahnya pun sama persis.

Kamu tinggal membuka aplikasi Twitter dan buka tweet yang ingin kamu coba laporkan sebagai “”misleading”. Setelah kamu berada di tweet tersebut, kamu tinggal ketuk menu three dots di suduk kanan atas tweet. Lalu kamu akan melihat opsi report tweet di sebelah ikon flag kecil di bagian bawah, setelah itu kamu bisa melihat sebuah opsi baru misleading.

Twitter Berusaha Keras Untuk Memfilter Masuknya Misinformasi

Dengan menggilanya jumlah konten misinformasi di dalam platform sosial media, jelas sudah saatnya bagi Twitter untuk menekan hal itu. Sayangnya, label yang ada di Twitter sekarang kurang begitu efektif untuk menekan angka masuknya misinformasi di dalam platform, tetapi melihat opsi baru ini kita harap saja setiap problem ini bisa ditekan semaksimal mungkin oleh Twitter.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Twitter, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.