Sepertinya Google telah meningkatkan upayanya untuk membuat orang berhenti menggunakan smartphone ketika mengemudi. Banyak hal telah dilakukan oleh Google agar bisa menyukseskan kampanye mereka tersebut, mulai dari perubahan interface termasuk perubahan tampilan Android Auto klasik ke mode mengemudi Asisten yang berorientasi pada smartphone, bahkan rencananya Android Automotive akan hadir dalam waktu dekat.

Baca Juga:

Google Assistant Driving Mode Mulai Diperkenalkan

Pada bulan Agustus lalu sebenarnya Google secara resmi mengkonfirmasi bahwa peralihan ini sudah dekat, dan banyak orang yang menjalankan Android 12 bisa meluncurkan mode ini. Ketika bulan lalu hanya beberapa user yang bisa menikmati perubahan ini, dan sekarang Google Assistant Driving Mode telah hadir secara resmi di smartphone Android.

Seperti yang dimumkan sebelumnya, pengguna bisa menggunakan fitur Google Assistant Driving Mode dengan cukup mengaktifkan Google Assistant lalu mengaktifkan perintah “Let’s Drive” untuk beralih ke mode Driving. Akan ada dasbor baru yang akan muncul dengan berbagai menu seperti navigasi, musik, pesan, dan juga panggilan.

Kamu juga akan dapat mengakses saran untuk mendengarkan dan mengakses media dari semua platform contohnya seperti YouTube Music, SoundCloud, Audible, Amazon Music, Pandora, dan masih banyak lagi. Google juga memperkenalkan mode yang mendukung pesan masuk. Kamu tinggal memberikan perintah “turn on auto read” lalu smartphone kamu akan membacakan pesan yang masuk.

Sayangnya layanan Driving Mode ini masih terbatas di beberapa wilayah, yaitu Amerika Serikat, Australia, Kanada, Irlandia, India, Singapura, Inggris Raya, Jerman, Spanyol, Meksiko, Perancis, dan Italia. Sedangkan untuk bahasa sendiri, baru tersedia sekitar 5 bahasa yaitu Inggris, Jerman, Spanyol, Perancis, dan Italia.

Program Android Automotive Mungkin Akan Hadir di Tahun Depan?

Sebagian besar pengguna Android Auto mungkin sudah akrab dengan perbedaan Android Auto yang berjalan di platform smartphone maupun di tampilan layar mobil. Nah, Android Automotive ini akan terintegrasi penuh yang akan menyertakan OS lengkap dan fitur yang terpasang langsung di dalam mobil. Memang proyek ini masih ditahap early access tetapi bukti keseriuasan Google akan fitur ini sangatlah tinggi.

Buktinya, Google telah menjalin kerjasama dengan berbagai manufaktur mobil ternama seperti Volvo, General Motors (GM), Nissan, Renault, dan Ford, ditambah lagi dengan anak perusahaan mereka. Info terbaru juga mengatakan bahwa mereka sudah di tahap sepakat dengan Honda, tentu saja perkembangan sudah masuk ke tahapan yang positif dan rencananya Android Automotive ini akan hadir di tahun depan.

Oke, itu tadi berita seputar update Android Auto, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.