Android TV telah tumbuh dan berkembang sejak diluncurkan pada tahun 2014, tetapi sebuah kritik khusus hadir untuk Android TV dimana mereka buruk dalam pemakaian multiple users. Ketika sistem multiple accounts mulai diberlakukan, ini juga masih dirancang dengan akun utama sebagai pusat. Akhirnya, Google memecahkan masalah tersebut dengan menambahkan profil ke Google TV untuk memastikan bahwa rekomendasi, daftar pantauan, bahkan Google Asisten kamu bisa dipersonalisasi untuk setiap perangkatnya.

Baca Juga:

Profil di Google TV Bisa Ditambahkan

Profil Google TV sekarang dapat ditambahkan untuk akun Google apapun yang masuk ke dalam device, dan masing-masing akun mendapatkan rekomendasi film dan serial yang telah dipersonalisasi, ditambah individual watchlist untuk menyimpan hal-hal yang ingin kamu tonton nantinya.

Profil akan berjalan dengan akun, bukan hanya ada di setiap device saja, jadi semuanya akan disinkronkan jika kamu masuk ke beberapa perangkat Google TV, bahkan termasuk aplikasi dan kredensial masuk yang berfungsi untuk mempercepat setiap persiapan.

Demikian juga dengan Google Asisten akan menggunakan profil aktif saat menanggapi permintaan daripada menarik dari satu akun utama. Kamu juga dapat menanyakan “What should i watch” untuk mendapatkan rekomendasi sesuai yang telah dipersonalisasi sesuai keinginan kamu.

YouTube dan aplikasi Google lainnya akan secara otomatis beralih ke profil aktif, jadi kamu tidak perlu beralih akun secara manual untuk aplikasi yang kamu gunakan. Konten yang telah dibeli melalui Play Store juga telah ditautkan ke profil aktif, seperti metode pembayaran piliha, tetapi konten yang telah dibeli juga bisa dibagikan melalui library sehingga semua orang masih dapat mengakses semuanya.

Sayangnya, aplikasi pihak ketiga belum bisa bereaksi terhadap pembaruan profil ini, jadi kamu masih harus memilih profil Netflix atau Amazon Prime saat meluncurkan aplikasi tersebut. Bagi pengguna yang telah memiliki anak, profil anak masih tetap ada dan akan terus dikontrol melalui fitur Family Link, tetapi mereka juga akan mendapatkan fitur personalisasi yang sama dengan profil Google atau Android TV yang baru.

Selain update multiple account yang baru, Google juga meningkatkan mode ambient dengan menambahkan “glanceable card” yang berisikan informasi yang terkait dengan profil aktif. Ini akan mencakup banyak hal seperti cuaca, berita, skor dari pertandingan yang sedang berlangsung dan masih banyak lagi. Saat mode ambien aktif, pengguna dapat scroll kartu tersebut untuk memulai musik atau podcast, memulai tayangan slide dari foto, dan seperti biasa tampilan akan beralih ke foto kamu atau slideshow jika mode ambient terlalu lama tidak digunakan.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar Google dan Android TV, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.