Meeting atau rapat sebenarnya hal yang mudah untuk dilakukan, cuma karena terkendala pandemi hampir semua pekerja diharuskan bekerja dari rumah (WFH). Buntutnya, meeting kita pun harus secara online dan juga kita diwajibkan untuk memasang aplikasi video conference baik di laptop ataupun di smartphone. Sayangnya, tidak banyak pilihan aplikasi video conference di Android dan kebanyakan menawarkan paket mahal dan kualitas videonya pun terkadang buruk. Kali ini, aku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi video conference terbaik di Android saat ini, langsung simak daftar lengkapnya di bawah ya.

Baca Juga:

1. Cisco Webex Meetings

Aplikasi Cisco Webex Meetings adalah salah satu opsi yang baik untuk video conference. Aplikasi ini juga cukup populer di kalangan pengguna bisnis dan didalamnya beberapa fitur yang cukup layak dan solid. Fitur-fitur itu adalah bergabung dengan rapat hanya dengan satu ketukan, tata letak video yang dapat disesuaikan, dan kamu dapat menjadwalkan meeting atau rapat langsung dari aplikasi. Tentunya, aplikasi masih mendapatkan beberapa keluhan antara lain login yang bermasalah, audio yang kecil, dan UI aplikasi yang cukup buruk. Namun, terlepas dari hal itu, banyak pengguna juga terkesan dengan aplikasi ini. Untuk harga bervariasi, dan untuk harga detailnya kamu bisa menghubungi Cisco tentang hal tersebut. Download Cisco Webex Meetings.

2. GoToMeeting

GoToMeeting adalah sebuah opsi lain yang cukup populer sebagai alternatif dan juga merupakan pendatang baru di jajaran aplikasi video conference terbaik di Android ini. Aplikasi ini mendukung 15 peserta di tingkat berlangganan yang paling rendah dan 25 hingga 125 peserta di tingkat yang lebih tinggi. Aplikasi ini mendukung panggilan audio serta panggilan video. Beberapa fitur lainnya termasuk UI desain material, sinkronisasi kalender, obrolan teks di setiap rapat, fitur presentasi, dan masih banyak lagi. Kualitas video dan audio yang diatas rata-rata menjadi nilai plus dari aplikasi GoToMeeting. Aplikasi ini sangat bagus digunakan oleh tim kecil dalam bisnis yang lebih besar. Selain itu, ada beberapa opsi dengan higher ceilings. Download GoToMeeting.

3. Google Meet

Google Meet menjadi aplikasi primadona pada tahun lalu hingga tahun ini karena mereka tidak memberikan batasan jam ketika mengadakan video conference secara gratis. Cuma sekarang hal tersebut sudah dihilangkan oleh Google, dan jika ingin menghilangkan batasan tersebut, kamu harus meningkatkannya ke versi berbayar. Aplikasi ini mendukung hingga 50 peserta dengan dilengkapi video dan audio yang diatasa rata-rata. Selain itu, aplikasi ini juga bisa disinkronkan dengan Google Kalender serta dilengkapi dengan beberapa fitur video conference tambahan. Google Meet ini merupakan opsi yang bagus, baik untuk sekolah, maupun bisnis. Download Google Meet.

4. Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk video conference, audio conference, dan obrolan teks yang dibuat oleh raksasa teknologi Microsoft. Aplikasi Microsoft Teams ini berfungsi dengan baik dan sangat solid. Kamu bisa menggunakannya untuk mengobrol secara 1-on-1 atau dalam panggilan grup. Ada saluran seperti Slack untuk berbagai macam jenis diskusi bersama dengan file sharing, cloud storage, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dapat menangani 300 peserta dengan sangat baik dan ada fitur tambahan seperti whiteboard misalnya yang akan mempermudah penyampaian informasi ketika rapat. Sejujurnya ini Microsoft Teams ini sebuah pilihan yang sempurna terlebih lagi untuk bisnis dalam jumlah yang besar, salah satu aplikasi video conference terbaik di Android yang harus kamu pilih. Tidak masalah jika kamu mengeluarkan uang lebih karena kualitasnya yang sangat baik Download Microsoft Teams.

5. Zoom Cloud Meetings

Terakhir ada Zoom Cloud Meetings dimana ini adalah opsi yang powerful jika berbicara aplikasi video conference terbaik. Aplikasi ini mendukung hingga 100 peserta bersamaan dalam satu pertemuan. Sebenarnya ini adalah yang sangat mengesankan. Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan baik untuk audio saja, video, dan obrolan teks. Untuk versi gratisnya masih banyak keterbatasan, tetapi cukup fungsional. Sedangkan harga berlangganan masih masuk akal dan tidak terlalu mahal. Beberapa fitur lainnya termasuk dukungan panggilan telepon, webinar, fitur presentasi, dan masih banyak lagi. Memang harus diakui UI dari Zoom Cloud Meetings ini cukup kaku, tetapi kualitas dan stabilitas video maupun audio sangat mumpuni, mungkin stabilitas inilah yang menjadi nilai lebih dari aplikasi Zoom Cloud Meetings. Download Zoom Cloud Meetings.

Oke itu tadi rekomendasi aplikasi video conference terbaik di Android saat ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua. Jika kamu ada saran dan ingin berdiskusi tentang game atau aplikasi apa yang ingin dibahas kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.