Haii kali ini aku akan sedikit membahas tentang beberapa aplikasi identifikasi tumbuhan terbaik di Android. Pernah gak sih pas kamu hiking atau lewat pinggir jalan kamu menemukan sebuah bunga yang bagus tetapi kamu gak tahu namanya apa, atau mungkin kamu ingin mendapatkan informasi mendalam tentang suatu bunga seperti nama latin mungkin, atau ciri-ciri dari suatu bunga yang kamu temukan tersebut. Nah aku ada aplikasi yang mungkin bisa menyediakan berbagai informasi kamu butuhkan tentang dunia botani khususnya bunga. Oke kita langsung saja ke listnya.

Baca Juga:

1. Google Lens

Google Lens jelas menjadi aplikasi pertama yang bisa menjadi rujukan kamu. Hanya dengan mendekatkan bunga ke kamera kamu akan mendapatkan informasi umum tentang bunga atau objek yang kamu dekatkan ke kamera tersebut. Selain pencarian nya lumayan cepat, aplikasi juga bawaan kok jadi gak perlu kamu repot-repot menginstall. Mungkin kekurangan dari aplikasi ini informasi yang diberikan terlalu generalisir dan gak mendetail tetapi tetap saja ini aplikasi yang lumayan membantu kamu mengenali tanaman atau bunga. Download Google Lens.

2. Bing Search

Nah aplikasi kedua ini memang mirip banget, cuma kamu harus menginstall aplikasi ini karena tidak include di tiap smartphone. Bing adalah search engine yang menjadi kompetitor dari google, jika kamu tidak terlalu puas dengan kekuatan search dari google kamu bisa install aplikasi ini. Secara fitur dan pemakaian hampir sama dengan cara mendekatkan objek ke kamera dan kamu akan mendapatkan informasi umum tentang objek tersebut. Secara performa sih Google Lens sedikit diatas Bing, tetapi jika kamu penasaran dengan Bing kamu bisa download disini. Download Bing Search.

3. PictureThis

Nah jika keakuratan 2 lensa search engine tersebut sering kali salah mungkin aplikasi ini akan membantu kamu. PictureThis mempunyai kelebihan diantara lain ketika kamu memfoto atau ketika tumbuhan sudah diidentifikasikan, akan otomatis tersimpan di folder my collections agar kamu bisa mengakses di lain waktu, dan kelebihan lain adalah ada banyaknya komunitas tentang botani sehingga kamu bisa saling share tentang berbagai tanaman tersebut dan ketika kamu mengaktifkan location, aplikasi ini secara otomatis akan menyimpan gambar bunga tersebut dan akan di sematkan pada map di aplikasi ini. Kekurangannya sih untuk menikmati aplikasi secara maksimal kamu harus meningkatkan aplikasi menjadi berbayar, jika kamu memakai aplikasi secara gratis akan ada banyak iklan yang mungkin sedikit mengganggu. Download PictureThis.

4. Garden Tags

Jika 3 aplikasi diatas bisa dibilang untuk identifikasi sebuah tanaman atau bunga, nah aplikasi Garden tags ini seperti sebuah komunitas atau istilahnya sosial media untuk tanaman. Nah disini kamu bisa sharing apa aja mulai dari perawatan, penyakit dan cara penyembuhannya, ditambah kamu bisa mendokumentasikan bagaimana pertumbuhan tanaman kamu dengan membuat sebuah katalog. Oh ya disini akan ada ensiklopedia loh jadi kamu bisa tahu berbagai informasi seperti tanah jenis apa yang cocok untuk jenis tanaman agar tumbuh optimal dan masih banyak lagi yang bisa kamu gali dari aplikasi ini. Download Garden Tags.

5. Plantix

Nah yang terakhir ada Plantix. Konsep Plantix ini sebenarnya hampir mirip dengan Garden Tags, tetapi nilai plus aplikasi ini adanya sebuah perkiraan cuaca jadi ini akan banyak membantu timing kita ketika menjemur tanaman. Ada salah satu fitur yang bernama advisory yang dimana di dalam fitur itu ada berbagai macam tips dan trik untuk merawat sebuah tanaman atau bunga. Fitur unggulannya pun ketika tanaman kamu mengalami gejala-gejala sakit kamu tinggal memfotonya dan akan tersedia semua saran untuk membuat tumbuhan itu sembuh seperti sedia kala. Download Plantix.

6. Agrobase

Agrobase adalah aplikasi yang memang dikhususkan untuk para petani atau sejenisnya. Aplikasi ini memiliki database yang luas mulai dari tanaman, gulma, hama, penyakit tanaman, jadi bisa dibilang aplikasi sangat berguna untuk identifikasi semua jenis kehidupan tanaman. Selain itu, aplikasi ini memiliki aplikasi web, pembaruan yang konsisten, deskripsi terperinci, foto, dan masih banyak lagi. Mungkin aplikasi ini cukup berlebihan untuk para gardener, tetapi informasi yang disampaikan oleh aplikasi Agrobase ini salah satu yang terbaik, jadi akan sangat cocok untuk kamu pakai Download Agrobase.

7. Flower Checker

Flower Checker merupakan salah satu aplikasi gardener paling cukup populer di Android. Cara kerjanya hampir mirip dengan Google Lens, cuma kamu bisa mengirim gambar bunga atau tanaman dan para pakar akan memberitahu apakah itu. Cuma, untuk tiap identifikasi tidaklah gratis, tiap identifikasinya bernilai $1 USD (sekitar 14.200,00). Mereka mengklaim bahwa proses identifikasi dilakukan oleh manusia dan bukan dari alogaritma komputer. Jadi, uang pembayaran identifikasi tersebut untuk membayar pakar-pakar tersebut. Mungkin ini aplikasi yang cocok dan bermanfaat bagi kamu yang ingin identifikasi tanaman yang databasenya tidak ditemukan oleh Google. Download Flower Checker.

Oke itu tadi rekomendasi aplikasi identifikasi tanaman dan gardening untuk kamu ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua. Jika kamu ada saran dan ingin berdiskusi tentang game atau aplikasi apa yang ingin dibahas kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.