Samsung sedang menguji visinya tentang Android 12, dengan setiap pembaruan ke One UI 4 beta membawa lebih banyak fitur dan tweak visual daripada pembaruan yang terakhir. Selain memperbaiki beberapa bug serius dan merombak aplikasi Weather, One UI 4 beta 3 juga menambahkan beberapa opsi ikon yang diambil dari smartphone Pixel.

Baca Juga:

Aplikasi Google Mulai Menghormati Sistem dari Tema

Material yang diperkenalkan oleh Google yang bertema tidak hanya mengubah aplikasi dan widget kamu, tetapi juga mengubah ikon aplikasi di homescreen agar sesuai dengan wallpaper kamu. Sayangnya, sejauh ini hanya terbatas pada beberapa aplikasi saja.

Pada One UI 4 beta pertama memungkinkan kamu menggunakan paket ikon dari Play Store di S21, yang sebelumnya terbatas pada perangkat foldable Samsung yang menjalankan One UI 3.1.1. Sekarang beta 3 telah menambahkan “apply palette to app icons” ke menu palet warna. Setelah memilih wallpaper baru dan memilih tema warna yang ingin kamu gunakan, kamu akan melihat tombol baru di bagian bawah layar.

Seperti opsi yang ditemukan di Pixel, alat ini mewarnai ikon aplikasi yang kompatibel agar sesuai dengan tema Material You kamu, tetapi ada sedikit masalah ini hanya berfungsi dengan aplikasi Samsung, dan tidak semuanya didukung olehnya. Aplikasi Google yang bisa mengubah ikon di Pixel tidak dapat melakukan tugasnya pada tema disini. Banyak yang berpendapat ini mungkin terjadi bug, karena sepertinya developer tidak mungkin menerapkan dua versi fitur yang sama untuk smartphone Google dan Samsung.

Perubahan lain yang sangat baik untuk dilihat di versi beta terbaru ini adalah tema Material You di aplikasi Google. Widget Material You Google akan berubah agar sesuai dengan tampilan backdrop kamu di dua versi beta pertama, akan tetapi pada versi aplikasi tersebut tidak akan menampilkan efek dari Material You.

Hal ini mungkin akan diperbaiki dalam beberapa pengembangan ke depan, dan senang rasanya jika aplikasi seperti Play Store, Google Keep, Gmail, dan Googla Photos sekarang lebih menghormati sistem tema. Tentu hal ini juga sangat menyenangkan apabila melihat Samsung sepenuhnya menerapkan salah satu fitur terbaik Android 12 ini.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar update dari Samsung, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.